Kamis, 13 Desember 2018 02:02:58 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 316
Total pengunjung : 449731
Hits hari ini : 1810
Total hits : 4146007
Pengunjung Online : 7
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Tidur Siang Satu Jam, Bisa Pacu Semangat
Minggu, 18 Oktober 2015 17:06:37
Tidur Siang Satu Jam, Bisa Pacu Semangat

Surabaya – Kualitas tidur di malam hari dapat memengaruhi produktivitas Anda di siang hari. Pernyataan tersebut bukanlah mitos belaka, Dr. Hawley Montgomery Downs, the Sleep Research Laboratory dari West Virginia University, mengatakan bahwa sebenarnya tiap orang memerlukan kebutuhan tidur yang berbeda.

Namun demikian, ada enam kebiasaan tidur yang dapat berfungsi meningkatkan produktivitas serta konsentrasi di siang hari, seperti berikut ini:

Punya alarm tidur alami
“Tandanya jika tidur Anda cukup adalah jika Anda bangun sendiri tanpa bantuan alarm” ujar Dr Montgomery. National Sleep Foundation menyarankan bahwa waktu tidur orang dewasa usia 26-64 tahun adalah sembilan jam perhari.
Belajar untuk tidur dengan baik
Maksud Dr Montgomery adalah tidur dengan gaya yang baik. “Percuma saja jika Anda tidur sepuluh jam tapi terus berguling dan bergerak,” ujar Dr Montgomery. Selain itu, dia juga menyarankan bagi yang memiliki kebiasaan tidur berjalan dan kesulitan bernapas saat tidur untuk mencari bantuan spesialis.

Atur jadwal tidur
Bukan hanya anak-anak yang butuh jadwal tidur ketat, orang dewasa ternyata juga perlu. “Pilihlah waktu tidur dan waktu bangun kemudian taati sebisa mungkin,” saran Dr Montgomery. Menurutnya, tubuh akan lebih mudah menyesuaikan jika memiliki jadwal tidur yang tepat. Manfaat lainnya lebih mudah tidur, lebih mudah bangun.

Tidur siang
Rutin tidur siang, tentunya sangat sulit untuk diterapkan, tapi tidur siang memilki manfaat yang luar baisa bagi otak. Satu jam tidur siang menurut Dr Montogomery terbaik untuk mengembalikan energi dan semangat untuk bekerja seharian.

Hindari kafein dan alkohol
Wine mungkin saja memudahkan seseorang tidur, tapi kenyataanya menganggu tidur seseorang di pertengahan waktu. Sama seperti alkohol, kafein juga memengaruhi kualitas tidur seseorang. Waktu yang direkomendasikan untuk mengkonsumsi kafein minimal enam jam sebelum tidur.

Membuat lingkungan tidur yang nyaman
The National Sleep Foundation menyarankan, suhu ruangan yang cocok untuk tidur adalah 16-19 derajat celcius. Untuk menambah waktu tidur jadi lebih berkualitas, matikan lampu ruangan dan alat elektronik yang dapat menggangu hormon tubuh. Atur bantal, selimut, dan tempat tidur senyaman mungkin.

Daily/kmc/dln

dilihat : 1871 kali



   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution