Rabu, 21 November 2018 17:39:23 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 128
Total pengunjung : 441135
Hits hari ini : 690
Total hits : 4072015
Pengunjung Online : 3
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Sering Main Gadget? Hati-hati Terkena Diabetes
Rabu, 09 September 2015 21:22:37
Sering Main Gadget? Hati-hati Terkena Diabetes

Surabaya - Tidak bisa dipungkiri bahwa kehidupan masa kini yang dipenuhi dengan kecanggihan teknologi akan membuat setiap orang mudah kecanduan teknologi. Sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan dengan mengulik gadget masing-masing. Entah itu di waktu senggang ataupun di waktu-waktu sibuk, pasti jari dan mata Anda tak akan pernah bisa lebas dari gadget.

Banyak hal negatif yang bisa ditimbulkan dari kehidupan Anda ber-gadget-ria, salah satunya adalah timbulnya penyakit diabetes di usia muda. Penyakit diabetes tipe 2 banyak ditemukan pada anak-anak muda yang asyik dengan kehidupan urban. Anak-anak perkotaan sangat rentan mengidap diabetes tipe 2, karena pola hidup yang kurang baik. Konsumsi junk food secara berlebih, jam tidur hingga larut malam, dan berkutat dengan gadget masing-masing seharian sampai lupa waktu adalah fakta yang cukup untuk menjawab mengapa diabetes tipe 2 kerap diderita oleh anak-anak muda masa kini.

Gadget dan segala perangkat online menarik lainnya menyebabkan anak malas untuk melakukan aktivitas luar ruangan yang banyak membutuhkan gerakan. Untuk itu, setiap orang tua diharapkan sadar akan hal tersebut dan dapat memberikan tambahan kegiatan olahraga bagi anak. Sejak dini, anak harus dilatih untuk melakukan aktivitas luar/dalam ruangan yang membutuhkan banyak gerak.

Orang tua memiliki peranan yang sangat penting di sini. Mulai lah mengatur pola hidup anak. Hindari makanan pemicu naiknya gula darah di tubuh mereka, misalnya junk food, makanan serba manis, dan karbohidrat berlebih. Berikan banyak asupan buah dan sayuran pada anak, serta pengaturan asupan gizi yang seimbang pada anak sejak dini.

Pola tidur yang dijalani juga harus baik. Jangan biasakan anak tidur terlalu malam sejak dini. Tidur larut malam adalah kebiasaan yang akan dibawa si anak hingga ia dewasa dan dapat memicu ketidakstabilan gula darah. Berikan aturan penggunaan gadget pada anak. Berikan mereka jam-jam tertentu untuk sibuk dengan gadget mereka masing-masing. Setelah itu wajibkan mereka untuk bergerak di luar/dalam rumah dengan berbagai aktivitas. Hal ini akan mengurangi kebiasaan mereka untuk kecanduan terhadap gadget. Anda juga bisa menetapkan hari tanpa gadget untuk lebih mendisiplinkan pola hidup anak.

Mulai sekarang batasi diri Anda atau anak Anda yang selalu berkutat terus-terusan dengan gadget. Cobalah sering-sering melihat aktivitas dunia luar yang menyenangkan lainnya. Karena hidup Anda tak melulu harus berurusan dengan gadget. Jagalah kesehatan Anda sendiri dengan memperhatikan pola hidup dengan baik. Data menunjukkan bahwa sebanyak 5% dari penderita diabetes di seluruh Indonesia adalah anak dengan usia di bawah 20 tahun. Maka dari itu, segera perbaiki pola hidup anak Anda sekarang juga.

womale

dilihat : 2771 kali


  << Kembali   Sebelumnya >>
[1/8]

   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution