Minggu, 22 Juli 2018 04:26:05 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 157
Total pengunjung : 407383
Hits hari ini : 2455
Total hits : 3715394
Pengunjung Online : 4
Situs Berita Kristen PLewi.Net -8 Wayang Koleksi Radyapustaka Palsu






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Minggu, 21 Agustus 2011 00:08:02
8 Wayang Koleksi Radyapustaka Palsu
SOLO - Sebanyak delapan wayang dinyatakan tidak asli atau palsu dan enam lainnya tidak diketahui keberadaannya dari 481 wayang kulit yang menjadi koleksi Museum Radyapustaka Solo.

"Hal ini berdasarkan laporan dari Tim Identifiasi Wayang Koleksi Wayang Museum Radyapustaka," kata Wali Kota Surakarta Joko Widodo, seusai menerima laporan tim tersebut di Solo, Jumat.

Sebanyak enam wayang yang tidak diketahui keberdaannya itu kemungkinan masih dipinjam orang belum dikembalikan.

"Hal ini mungkin sangat terjadi, karena waktu itu administrasi di museum masih kurang baik. Kami berharap siapa saja yang merasa meminjam bisa mengembalikannya," katanya.

BRM Bambang Irawan juru bicara Tim Identifikasi Wayang Koleksi Wayang Museum Radyapustaka, mengatakan delapan wayang yang dinyatakan tidak asli itu terdiri atas tujuh berganti menjadi tokoh baru dan satu dengan nama tokoh sama, semuanya berjenis wayang purwa.

Ia mengatakan dalam proses identifikasi dan inventarisasi wayang, didapatkan fakta dimana terdapat enam wayang yang tidak dapat ditemukan keberadaannya di Museum Radyapustaka.

Keenam wayang tersebut terdiri atas satu wayang Gedhog Madura, satu wayang Dupara dan empat wayangPurwa.

Sebanyak 481 wayang tersebut terdiri atas wayang Purwa 151 buag, wayang Dupara 122 buah, wayang Gedhog Surakarta 59 buah, wayang Gaman 52 buah, wayang Madura 38 buah, wayang Bali 14 buah, wayang Klithik Kayu tujuh buah, wayang Rumput empat buah, wayang Keper tiga buah, wayang beber, Madya, dan wayang orang masing-masing dua buah serta wayang Cirebon, wayang Wahyu, wayang Bambu, wayang Kardus, wayang Golek Sunda dan Cempala masing-masing satu buah.

Wali Kota Surakarta Joko Widodo mengatakan setelah selesai inventarisasi wayang, nantinya akan dilanjutkan untuk koleksi lainnya seperti pusaka, perunggu dan lain-lain.

"Semua itu akan dilakukan secepatnya agar semua bisa jelas yang menjadi koleksi di Museum Radyapusta, yang merupakan meseum tertua di Indonesia ini," katanya.
(MWP)


sumber:
http://oase.kompas.com/read/2011/08/20/23513037/8.Wayang.Koleksi.Radyapustaka.Palsu

dilihat : 232 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution