Selasa, 25 September 2018 08:47:04 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 39
Total pengunjung : 423075
Hits hari ini : 278
Total hits : 3898588
Pengunjung Online : 3
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Ambon Sambut Pertemuan Pemuda Dunia






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Minggu, 21 Agustus 2011 00:44:58
Ambon Sambut Pertemuan Pemuda Dunia
AMBON -Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy siap Pertemuan Pemuda Dunia (World Assembly of Youth) di Ambon, Maluku, pada 23-29 September 2011.

"Wali Kota takan dengan mengerahkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mendukung berbagai kegiatan, baik menjelang, saat, hingga seusai Pertemuan Pemuda Dunia," kata Ketua DPD KNPI Maluku Zaharuddin Latuconsina di Ambon, Sabtu.

Zaharuddin bersama sejumlah pengurus DPD KNPI Maluku menemui Wali Kota Ambon, Kamis ( 18/8), dalam rangka menyampaikan kegiatan Pertemuan Pemuda Dunia sekaligus meminta dukungannya untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Wali Kota, katanya, berjanji menyosialisasikan kegiatan tersebut kepada masyarakat agar berperan serta menyukseskan.

Jajaran Pemkot Ambon mendorong kesadaran masyarakat untuk membersihkan Teluk Dalam Ambon dan pantai. "Wali Kota menginginkan semua komponen bangsa di daerah ini menyukseskan ’event’ tersebut karena merupakan kehormatan bagi Ambon menyelengarakan kegiatan internasional," ujar Zaharuddin.

Wali kota juga mengarahkan pesta teluk yang diprogramkan menjadi kalender tetap pariwisata daerah ini sehingga bisa menarik minat wisatawan, baik nusantara maupun mencanegara, karena dipaketkan dengan berbagai atraksi seni maupun budaya khas daerah ini.

"Pesta teluk hendaknya disaksikan wisatawan sehingga turut memberikan kontribusi bagi berbagai sektor bila dikemas secara profesional dengan menyajikan aneka paket seni maupun budaya bernilai jual," kata zaharuddin mengutip pernyataan Wali Kota.

Deklarasi Ambon

Zaharuddin yang mendampingi Ketua Umum DPP KNPI Ahmad Doli Kurnia melakukan pertemuan dengan Pemuda lintas Asia Pasifik (Youth Organizations across Asia Pasific) Darwin, Australia Utara pada 23 Juli lalu, menyatakan kegiatan Pertemuan Pemuda Dunia diprogramkan mencetuskan Deklarasi Ambon guna menyuarakan perdamaian di dunia.

"Saya yang saat itu mendampingi Ketua Umum mencatat salah satu hasil agenda pertemuan adalah perlu dicetuskan Deklarasi Ambon," ujarnya.

Deklarasi Ambon diagendakan merupakan hasil dari seminar soal perdamaian dunia yang melibatkan 120 perwakilan pemuda dari negara - negara peserta.

"Deklarasi Ambon disemangati perayaan Hari Perdamaian Dunia di ibu kota Maluku 25 November 2009, menyusul konflik sosial di daerah ini pada 1999 yang penanganannya tidak membutuhkan tenggat waktu lama," kata Zaharuddin.

Pertemuan di Darwin juga disepakati saat seminar tersebut perlu menghadirkan para tokoh yang memelopori perdamaian di Maluku seperti Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla.

"Ada keinginan diungkapkan pendekatan sehingga konfik sosial di Maluku yang memanfaatkan simbol - simbol agama tersebut bisa segera diselesaikan sehingga menjadi formula untuk diterapkan di negara lain seperti di India," ujar Zaharuddin.

Kegiatan tersebut juga ditunjukkan jalinan keharmonisan antarumat beragama di Maluku yang dibingkai budaya pela dan gandong.

Dijadwalkan para peserta pertemuan menyaksikan hubungan pela antara wara desa Batumerah, kecamatan Sirimau ( mayoritas beragama Islam) dan Passo, kecamatan Baguala yang beragama Kristen Protestan.

"Jadi Deklarasi Ambon dijadwalkan dicetuskan di monumen Perdamaian Dunia yang telah dipasang Gong Perdamaian Dunia," kata Zaharuddin Latuconsina.
(MWP)

sumber:
http://oase.kompas.com/read/2011/08/21/00282690/Ambon.Sambut.Pertemuan.Pemuda.Dunia

dilihat : 253 kali


   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution