Minggu, 16 Desember 2018 02:47:16 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 42
Total pengunjung : 450867
Hits hari ini : 194
Total hits : 4153379
Pengunjung Online : 4
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Sejarah Gereja Methodist Indonesia Jemaat Anugerah Jakarta
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Senin, 27 Desember 2010 18:20:50
Sejarah Gereja Methodist Indonesia Jemaat Anugerah Jakarta
Gereja Methodist Indonesia (GMI) Jemaat Anugerah diawali dengan dibukanya Pos PI di Jakarta Barat yang dicetuskan oleh Pdt.Chaidy Yunus pada pertengahan tahun 1979. Dengan Visi bahwa Pos PI di Jakarta Barat ini akan berkembang menjadi Gereja yang bertumbuh dan berkembang inilah Pdt.Chaidy Yunus mulai mengumpulkan data anggota GMI yang tinggal di daerah sekitar Jakarta Barat.

Pertemuan pertama diadakan pada hari Minggu, tgl.29 Juli 1979, pk.18.30 di rumah Bpk.Suryaganda, dihadiri oleh 8 keluarga yaitu : Kel.(alm) Suryaganda, Kel.(alm) Ibu Sabirin, Kel. Yahya Setiawan, Kel. Peter Adam, Kel. Sianturi, Kel. Sangap Purba, Kel. Haryanto Bunyamin, dan Kel. Olla Kesuma.
Pada pertemuan tsb. disepakati akan membuka Pos PI GMI yang awal kebaktiannya pada tgl.12 Agustus 1979 di rumah Bpk. Suryaganda, Jl.Dr.Makaliwe Raya No.47, Grogol, Jakarta Barat pada jam 17.00 wib.

Pergumulan dan usaha terus dilakukan agar Pos PI ini mendapat tempat beribadah dan Tuhan menjawab permohonan tsb. karena pada tgl.2 Desember 1979 GKPI mengijinkan dipakainya gereja ini sore hari.

Pada tgl. 28 Juni 1981, Pos PI Jakarta Barat ini diresmikan oleh Bishop H.Sitorus menjadi Gereja Methodist Indonesia Jemaat Anugerah. Sebagai Gembala Jemaat ditetapkan oleh KONTA XIII ialah Pdt. M. Situmorang merangkap Gembala Jemaat di GMI Tebet.
Sejak didewasakan Jemaat ini dan terbentuknya Majelis, mulai dipikirkan untuk mempunyai sebuah gedung Gereja dan mulai mengumpulkan dana.
Pada tgl. 19 September 1982, ibu Et. Yusuf Roni ditetapkan oleh DS. Chaidy Yunus sebagi Gembala Jemaat agar pekerjaan pelayanan dapat ditingkatkan lagi.

Pada tgl.19 Desember 1984, GMI Anugerah mulai mengadakan kebaktian di Taman Surya BB-10, Tuhan telah mengabulkan permohonan jemaatNya.
Bpk. K.A.M. Yusuf Roni (Gembala Resort) dan ibu Et. Yusuf Roni (Gembala Jemaat GMI Anugerah) tetap melayani sehingga jemaat makin dewasa dan kuat dalam iman serta setia kepada Firman Tuhan.
Empat tahun kemudian (1988) ruko yang diseberang gereja (DD-1) dibeli untuk kegiatan Sekolah Minggu, juga sebagai kantor dan sekretariat gereja.

Mempunyai tempat beribadah sendiri dan permanen bukan tujuan akhir. Amanat Agung Tuhan Yesus untuk pergi sampai ke ujung bumi untuk mengabarkan Injil tetap menjadi dasar hidup Jemaat GMI Anugerah. Karena itu pada tgl. 2 September 1990 mulai dibuka kebaktian bahasa Inggris pada pk.08.00. Tahun berikutnya tgl. 19 Mei 1991 dimulai kebaktian bahasa Mandarin di sore hari pk.16.00

Pada bukan Oktober 1991 GMI Anugerah mulai mengadakan kebaktian di rumah-rumah di daerah Bekasi, sebagai awal berdirinya Pos PI Karunia Bekasi.
Melalui pergumulan berat dan telah dilayani oleh beberapa hamba Tuhan (a.l. Ev.Febe Joviana, Ev. Ngatio, GI.Silas Rita, dll.) pada tgl. 4 Oktober 1998, Pos PI ini diresmikan menjadi Jemaat Penuh. Jalan masih panjang dan tantangan serta cobaan masih menghadang. Namun satu hal yang kita percaya Tuhan tetap beserta kita. Pada KONTA tahun 2003, GMI Karunia Bekasi telah ditetapkan menjadi sebuah Resort Baru. Puji Tuhan !

Tahun 1995 mulai diputuskan untuk membuka Pos PI di Citra Garden dan pada tgl. 4 Februari 1996 diadakan kebaktian perdana di sebuah ruko yang disewa. Karena suatu hal ruko tsb. tidak dapat dipakai lagi, lalu berpindah ke rumah Bpk. Henry Sadikin. Pada bulan Mei 2000, dengan beriman pada Tuhan dan dukungan berbagai pihak, Pos PI ini telah membeli sebuah ruko di Puri Gardenia dan Pos PI ini diberi nama Pos PI Damai Sejahtera.

Tanggal 12 September 1999 Kebaktian Bahasa Inggris (yang dilayani oleh Pdt. Deny Nainggolan) mulai mengadakan kebaktian di Hotel Mulia untuk lebih efektif menjangkau jiwa yang lebih banyak. Melalui Konres GMI Anugerah 11 Juni 2000, Kebaktian ini diresmikan menjadi Pos PI dan pada Konta XXX di Palembang ditingkatkan menjadi Jemaat Penuh dengan nama Grace Methodist Church (GMC). Kini GMC telah membuka 2 Pos PI di Palembang dan Batam.

Agustus 2000 Pdt. Silas Rita berangkat ke Makasar, untuk mendirikan Pos PI disana, dengan nama Pos PI Anugerah Makasar dan saat ini telah menempati ruko yang disewa.

Sejarah singkat GMI Anugerah bukan untuk sekedar menghargai para pelayan Tuhan yang sudah bekerja dengan sungguh, bukan pula untuk menunjukkan siapa yang berjasa, namun untuk mengingatkan kembali bahwa perkembangan dan pertumbuhan Gereja Methodist Jemaat Anugerah merupakan bukti nyata dari kuasa dan anugerah Tuhan kepada Jemaat-Nya.

Yesus Kristus, Kepala Gereja yang telah memulai pekerjaan-Nya dengan Pos PI Jakarta Barat. Dia juga yang tetap memelihara bahkan menumbuhkan jemaat-Nya, sehingga GMI Anugerah ada seperti sekarang ini.

Kita patut bersyukur bahwa hanya karena Dialah kita ada, dan untuk Dialah segala puji, hormat dan kemuliaan. Amin.

Sumber:
Situs Gereja Methodist Indonesia Jemaat Anugerah Jakarta
(http://www.gmi.or.id/php/history_gmi.php)
(Diakses pada 27 Desember 2010)

dilihat : 1121 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution