Sabtu, 21 Juli 2018 08:56:00 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 39
Total pengunjung : 407264
Hits hari ini : 230
Total hits : 3713169
Pengunjung Online : 12
Situs Berita Kristen PLewi.Net - Yayasan Pendidikan Gereja Methodist Indonesia Wilayah I Beri Bantuan Kepada Pengungsi Sinabung






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Sabtu, 04 September 2010 10:23:27
Yayasan Pendidikan Gereja Methodist Indonesia Wilayah I Beri Bantuan Kepada Pengungsi Sinabung
TANAH KARO - Sebagai wujud kepedulian dan rasa persaudaraan yang tinggi terhadap saudara-saudara yang mengungsi ke tempat penampungan akibat letusan Gunung Sinabung, Yayasan Pendidikan Gereja Methodist Indonesia Wilayah I (YP GMI wilayah I) memberikan bantuan, Jumat (3/9) sore di Jamburta Ras Berastagi.

Setelah melakukan persiapan dan berdoa bersama di Kantor YP GMI wilayah I Jl Hang Tua 11 C Medan yang dipimpin oleh Sekretaris Eksekutif Parpem GMI Pdt AM Perangin-angin MA, Tim Peduli Sinabung yang diketuai oleh Pdt Guntur Ginting STh ini langsung berangkat menuju Berastagi, Tanah Karo dan terlebih dahulu singgah di Perguruan Methodist Jl Veteran Berastagi untuk melakukan koordinasi. Usai melakukan koordinasi tim pun langsung berangkat ke tempat penampungan pengungsi di Jamburta Ras Berastagi.

Sesampainya di tempat penampungan pengungsi yang berada di Jamburta Ras Berastagi, bantuan secara simbolis diberikan oleh ketua YP GMI wilayah 1, Drs Hotlan Butar-Butar MSi berupa sarung, tikar dan bubur susu untuk anak kepada perwakilan dari pengungsi Suruhen Sitepu (45) dan Rustina Br Tarigan (32) keduanya warga Desa Sigarang-garang, Kecamatan Naman Teran, Tanah Karo yang jarak tempat tinggal mereka sangat berdekatan dengan Gunung Sinabung.

Dalam kata sambutannya, Ketua YPGMI wilayah I Drs Hotlan Butar-Butar MSi didampingi oleh Tim Peduli Sinabung mengatakan bencana alam Gunung Sinabung yang terjadi merupakan fenomena alam dan kedatangannya tidak dapat diatur dan dikaji oleh umat manusia. Dengan terjadinya bencana ini, hendaknya kita sebagai umat manusia kiranya jangan menimbulkan persepsi seolah-olah Tuhan telah menghukum kita, karena Tuhan tidak pernah menghukum apalagi menyiksa orang-orang yang percaya dan taat kepada-Nya. “Dengan peristiwa ini, marilah kita mendekatkan diri kepada Tuhan, sehingga ketika terjadi kekalutan atau kepanikan serta ketakutan, penderitaan dan hal-hal lain yang tidak kita inginkan dengan penyertaan Tuhan dapat kita hadapi dengan lebih dewasa dan marilah kita organisasikan di dalam hati dan jiwa kita agar senantiasa memiliki damai sejahtera,” katanya.

Lebih lanjut Butar-Butar beserta Tim Peduli Sinabung YP GMI juga mengucapkan selamat menjalankan bulan suci ramadhan dan merayakan Idul Fitri bagi saudara-saudara yang beragama Islam terlebih-lebih yang terkena bencana Gunung Sinabung.

“Selain bantuan sandang dan pangan, Tim Peduli Sinabung YP GMI juga membuka posko bantuan mental dan spritual dan kesehatan dengan didampingi lima dokter dan para medis dari RSU Methodist Susanna Wesley Medan dan membagikan buku renungan harian Manna Sorgawi secara gratis dengan tujuan untuk menguatkan saudara-saudara yang terkena musibah, ucap Butar-Butar disertai tepukan tangan para pengungsi.

Saat dikonfirmasi SIB Ketua YPGMI wilayah I, Drs Hotlan Butar-Butar MSi didampingi Drs Sevendy Napitupulu MHum mengatakan YPGMI wilayah 1 tidak lepas dengan saudara-saudara dari etnik Karo. Ia menyebutkan ada sekitar 30-40 persen yang melanjutkan pendidikan di tempat mereka. Tim Peduli Sinabung terbagi atas tiga divisi di antaranya Divisi Sandang dan Pangan, Divisi Kesehatan, serta Divisi Mental dan Spiritual. “Kita akan mengadakan konseling kepada para pengungsi yang mengalami trauma mental dengan didampingi tim kejiwaan yang telah mendapatkan sertifikat tingkat internasional dalam menangani bencana yang terjadi selama ini,” katanya sembari jika dibutuhkan kita akan mengirimkan sukarelawan untuk mendampingi para pengungsi di tempat penampungan.

Sementara itu perwakilan saudara-saudara pengungsi, Suruhen Sitepu dan Rustina br Tarigan keduanya warga Desa Sigarang-garang, Kecamatan Naman Teran dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih kepada tim dari YP GMI wilayah 1 atas bantuan yang telah diberikan. “Semoga ini menjadi berkat bagi bapak dan ibu sekalian, dan Tuhan beserta kita,” katanya.

Sementara itu ketua panitia Pdt Guntur Ginting STh didampingi pimpinan perguruan Methodist 1 Medan menyebutkan sebelum memberikan bantuan pihaknya telah melakukan survey mengenai bantuan yang sangat diperlukan oleh para pengungsi di penampungan. Bantuan yang diberikan di antaranya antara lain 200 helai sarung, 204 pasang sandal jepit, 100 buah tikar plastik, 100 buah jerigen 5 liter, 350 pembalut wanita, 100 panpers untuk anak, 10 lusin pakaian dalam pria, 10 lusin singlet pria, 10 lusin pakaian dalam wanita, susu 100 dus, bubur bayi 50 dus, gula 200 Kg, minyak goreng 2 kaleng dan lainnya seperti snack, kopi, kecap dan sambal, katanya sembari mengatakan tim juga memberikan secara gratis buku renungan harian ” Manna Sorgawi ” untuk menguatkan para pengungsi.

Tim Peduli Sinabung YPGMI wilayah 1 yang ikut langsung memberikan bantuan di antaranya Ketua YP GMI wilayah I, Drs Hotlan Butar-Butar MSi, Sekretaris Eksekutif Parpem GMI, Pdt AM Perangin-angin, Sekretaris Eksekutif Pendidikan GMI/Sekretaris YP GMI wilayah I, Pdt KW Sinurat STh MPd, Pimpinan Perguruan Methodist I Medan, Drs Osberth Sinaga MSi, Rektor UMI dr Thomson P Nadapdap MS, ketua tim Pdt Guntur Ginting STh, wakil ketua tim yang juga Pembantu Dekan I FE UMI Drs Rasmulia Sembiring MA, Bendahara YP GMI wilayah I Pdt Charles Sihombing MTh, Direktur RSU Methodist Susanna Wesley Medan dr Sumihar Pasaribu, Pembantu Dekan III FE UMI Saurmeliana Sipayung SE MSi dan masing-masing koordinator tim di antaranya Koordinator Divisi Kesehatan dr Jaminsen Sinaga SPA, Koordinator Divisi Pangan Drs Osbert Sinaga MSi dan Koordinator Divisi Sandang Pdt Rapidin Hutapea MM Ak, Pdt B Rumahorbo MTh, Pdt Bernard Sitorus, Drs Sevendy Napitupulu MHum, dr Ronald Tambunan serta mahasiswa Universitas Methodist Indonesia Medan. (BSK/n)

Sumber: http://hariansib.com/?p=139540

dilihat : 699 kali


   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution