Kamis, 13 Desember 2018 03:31:25 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 340
Total pengunjung : 449755
Hits hari ini : 1983
Total hits : 4146180
Pengunjung Online : 4
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Mengapa Bangsa Israel Tidak Dapat Dipercaya?
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Sabtu, 16 September 2006 00:00:00
Mengapa Bangsa Israel Tidak Dapat Dipercaya?
Roma 11:8-10

Tuhan membuat mereka tidur nyenyak, memberikan mata untuk tidak melihat dan telinga untuk tidak mendengar, sampai kepada hari sekarang ini. Dan Daud berkata :"Biarlah jamuan mereka menjadi jerat dan perangkap, penyesatan dan pembalasan bagi mereka. Dan biarlah mata mereka menjadi gelap, sehingga mereka tidak melihat, dan buatlah punggung mereka terus menerus membungkuk".



Kita mengetahui bahwa sampai detik ini, bangsa Israel masih belum mengenal identitas sesungguhnya dari Tuhan kita Yesus Kristus. Mereka masih tidak dapat percaya bahwa Yesus adalah sang Mesias yang sebenarnya. Mereka melihat, tetapi mereka buta.



2 Korintus 3:14-16.

Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca Perjanjian Lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya. Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca Kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka. Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya.



Rasul Paulus membukakan rahasia kepada kita sebagai pengikut Kristus, mengapa saudara-saudara kita, bangsa Israel, tidak dapat percaya? Firman Tuhan mengatakan : "ada selubung yang menutupi hati mereka, sehingga mereka tidak dapat melihat dan percaya kepada Kristus".



KAPAN TUHAN MEMBERIKAN "SELUBUNG" ITU KEPADA BANGSA ISRAEL?

Alkitab menjelaskan kepada kita bahwa "selubung" itu Tuhan berikan ketika Musa memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir menuju Tanah Perjanjian.

Ulangan 29:4.

Tetapi sampai sekarang ini Tuhan tidak memberi kamu akal budi untuk mengerti atau mata untuk melihat atau telinga untuk mendengar.



Inilah "selubung" yang Tuhan berikan kepada bangsa Israel.



Yesaya 6:9-10.

Kemudian firmanNya : "Pergilah dan katakanlah kepada bangsa ini : Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti jangan! Lihatlah sungguh-sungguh, tetapi menanggap jangan! Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh".



Tuhan Yesus pun memberikan penjelasan kepada murid-muridNya, mengapa Ia mengajar kepada kaum Yahudi dalam perumpamaan.

Matius 13:10-13.

Maka datanglah murid-muridNya dan bertanya kepadaNya : "Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan? " Jawab Yesus : "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun mereka melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.



MENGAPA TUHAN MEMBERIKAN "SELUBUNG"?

Mengapa sebagai bangsa pilihanNya, Tuhan membutakan mata hati mereka? Apakah Tuhan tidak adil? Apakah Tuhan melupakan bangsa Israel? Tidak....Tuhan tidak pernah melupakan perjanjianNya dengan bangsa Israel. Bangsa Israel adalah tetap bangsa pilihanNya dan perjanjianNya dengan bangsa Israel adalah perjanjian yang kekal ( Kejadian 17:7 ).



Mengapa Tuhan memberikan "selubung" kepada bangsa Israel? Alkitab memberikan jawabannya di Ulangan 29:6b, Roma 11:25b dan Roma 11:11.

Ulangan 29:6b.

Supaya kamu tahu bahwa Akulah TUHAN, Tuhanmu.



Roma 11:30-32

Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Tuhan, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka, demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan. Sebab Tuhan telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahanNya atas mereka semua.



Roma 11:25b.

Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.



Roma 11:11.

Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu.



Bangsa Israel akan tetap memiliki "selubung" itu selama kita ( "gentiles" yang percaya kepada Yesus ) masih berada di dunia ini. Selama gereja masih ada di dunia ini, Israel masih tetap akan memiliki "selubung" itu. Setelah pengangkatan gereja atau Rapture, maka bangsa Israel akan terbuka dari "selubung" yang menutupi mata hati mereka.



Musa dan Yesaya mengatakan bahwa bangsa Israel telah menjadi tuli rohani. Mereka mempunyai telinga, tetapi tidak mendengar. Alkitab mengatakan di

Roma 10:17.

Jadi iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.



Mereka tidak mempunyai iman kepada Kristus karena mereka tidak mendengar firman Kristus. Maka bersyukurlah kita, mengingat status kita sebelum mengenal Kristus adalah "gentiles" yang seharusnya binasa. Tetapi karena ketegaran dari Israel, maka keselamatan yang seharusnya bagi bangsa Israel kini dicurahkan kepada kita, para "gentiles". Inilah yang dimaksud dengan "Masa Kasih karunia, Zaman Anugerah".



Keselamatan kita adalah oleh karena anugerah dengan iman kepada Tuhan Yesus Kristus. Bukan oleh karena amal, bukan karena perbuatan baik, bukan karena ibadah, bukan karena usaha kita. Kita selamat oleh karena anugerah di dalam iman kepada Tuhan Yesus Kristus.



Bersyukurlah kita...Praise Jesus!!!



Tapi apakah Tuhan melupakan bangsa Israel?

Tidak!!!



Setelah Rapture terjadi, Tuhan akan membuka "selubung" itu dari bangsa Israel, dan seluruh Israel akan Tuhan selamatkan. Demikianlah bangsa Israel dan gereja Tuhan akan diselamatkan.

Roma 11:26

Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis : Dari Zion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub.



Tuhan juga akan menyelamatkan seluruh Israel, karena mereka tetap bangsa pilihan Tuhan dan Tuhan tidak pernah menyesali kasih karuniaNya dan panggilanNya atas bangsa Israel.

Roma 11:29

Sebab Tuhan tidak menyesali kasih karunia dan panggilanNya.



HANYA TUHAN SENDIRI YANG MAMPU MEMBUKA "SELUBUNG"

2 Korintus 3:14c

...karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya.



Untuk membuka "selubung" yang selama ini menutupi mata hati bangsa Israel, diperlukan kuasa mujizat Tuhan. Mengapa 12 murid-murid Yesus dapat percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat? Karena Tuhan sendiri yang memilih mereka. Tuhan yang memanggil mereka untuk menjadi penjala manusia.



Setelah Tuhan Yesus naik ke Sorga, Tuhan mencurahkan Roh Kudus. Dan ketika Petrus berkhotbah di depan bangsa Israel, 3000 jiwa bertobat dan menerima Tuhan Yesus. Siapakah yang membuka "selubung" itu dari bangsa Israel? Roh Kudus. Tuhan sendiri.



Mari kita lihat kisah pertobatan Paulus.

Sebelum Paulus bertobat, ia bernama Saulus. Ia lahir di kota Tarsus ( Kisah 22:3 ). Ia keturunan suku Benyamin dan tetap setia dengan tradisi Yahudi ( Roma 11:1, Filipi 3:5 ). Keluarganya kaya dan mempunyai pengaruh sosial di dalam masyarakat Yahudi ( Kisah 22:28 ) dan sebagai keturunan Yahudi, Saulus memiliki kuasa untuk mendapatkan status kewarganegaraan Romawi. Saulus adalah Farisi-nya dari orang-orang Farisi ( Filipi 3:5 ). Ia dididik oleh Rabi terkenal di kalangan Yahudi, yaitu Rabi Gamaliel. Dalam mentaati Hukum Taurat, Saulus tidak bercacat ( Filipi 3:6 ).



Sebagai orang Farisi yang tak bercacat, Saulus banyak terlibat di dalam penganiayaan umat Kristen mula-mula. Ia masih memakai "selubung" itu. Ia dibutakan akan identitas Yesus Kristus yang sebenarnya. Sampai ketika sedang dalam misi penganiayaan ke Damaskus, Saulus mengalami perjumpaan dramatik "face-to face" dengan Tuhan Yesus sendiri.



Setelah mengalami perjumpaan "face to face" dengan Yesus, Saulus buta dan puasa selama 3 hari. Tuhan mengirim Ananias untuk berdoa bagi Saulus.



Perhatikan ayat ini!!!

Kisah 9:17

Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya : "Saulus, saudaraku, Tuhan Yesus yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus".



Kisah 9:18

Dan seketika itu juga seolah-olah selaput gugur dari matanya, sehingga ia dapat melihat lagi. Ia bangun lalu dibaptis.



Tuhan membukakan "selubung" itu dari Saulus. Tuhan membukakan "selaput" dari mata Saulus sehingga Saulus dapat melihat siapa sebenarnya Yesus. Setelah ia percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, Saulus memberi diri dibaptis dan namanya menjadi Paulus.



Hanya mujizat Tuhan yang dapat membuat Paulus bertobat. Hanya mujizat Tuhan yang dapat membuat bangsa Yahudi bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.



Setelah peristiwa rohani yaitu Rapture, Tuhan akan membuka "selubung" itu dari bangsa Israel, sehingga pada saat Tribulation nanti akan terdapat 144.000 kaum Yahudi yang telah terima Kristus. Masing-masing 12.000 dari 12 suku Israel ( Wahyu 7:3 ).



Ini adalah "Penginjilan terbesar dalam sejarah bangsa Israel" yang belum pernah terjadi dan yang akan terjadi nanti sebelum Tuhan Yesus menjejakkan kakiNya di kota Yerusalem, di Israel.



Dengan demikian seluruh Israel akan diselamatkan ( Roma 11:26 ).



Tuhan Yesus memberkati.



Shalom



Andre Widodo

Singapore 507025



Email :

andre_widodo@ yahoo.com



Homepage :

www.andrewidodo. blogspot. com

dilihat : 974 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution