Sabtu, 15 Desember 2018 13:29:45 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 139
Total pengunjung : 450742
Hits hari ini : 771
Total hits : 4152209
Pengunjung Online : 3
Situs Berita Kristen PLewi.Net -PENTINGNYA PERENCANAAN
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Senin, 17 November 2008 00:00:00
PENTINGNYA PERENCANAAN
?Rencana gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasehat banyak? (Amasal 15:22).



Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasehat banyak. Ini adalah dua kalimat dari penulis Amsal yang kita baca pada pasal 15:22. kalimat ini memberikan penjelasan sekaligus penegasan bahwa betapa dalam hidup ini penting sekali membuat rancangan.



Rancangan adalah sebuah perencanaan yang dilakukan untuk mengharapkan sebuah masa depan yang lebih baik, ada pepatah mengatakan ketika kita tidak membuat sebuah perncanaan, maka kita sebenarnya sedang merencanakan kegagalan. Ini adalah sebuah kata kunci yang perlu kita perhatikan. Hal ini tidak saja berkaitan masalah kehidupan sehari-hari, melainkan juga bertalian dengan kehidupan rohani.



Orang-orang yang tidak pernah membuat sebuah perencanaan, maka tidak akan pernah melihat sebuah perjalanan hidup yang lebih maju dalam diri mereka, artinya kita tidak dapat meraih sebuah pencapaian tanpa meencanakan tujuan-tujuan hidup kita.



Penulis Amsal yang adalah Raja Salomo, adalah sosok atau figure yang dalam segala sesuatu merencanakan semua hal dengan baik. Itu bisa kita lihat dengan semua hasil kerja yang dilakukan, secara khusus menyangkut rumah Tuhan dan istana kerajaannya. Dalam segala sesuatu ia menghitung apa saja yang diperlukan, setelah itu melaksanakan dengan baik.



Tidaklah mengherankan jika nasehat itu disampaikan Salomo menitikberatkan tentang pertimbangan melalaui nasehat-nasehat. Maksudnya dalam perencanaan perlu pertimbangan yang matang, tidak asal sekedar merencanakan.



Bagaimana dengan hidup kita selama ini? Apakah kita sudah merencanakan segala sesuatu dengan matang? Dalam hal merencanakan segala sesuatu dengan baik yang bertalian dengan hidup pribadi, keluarga, pekerjaan dan pelayanan kita tidak boleh lupa kepada campur tangan dari Tuhan yang adalah penguasa dan pemimpin kehidupan kita. Libatkan Tuhan dalam segalanya, maka hasilnya pun akan luar biasa. Gagal merencanakan artinya merencanakan kegagalan



Bahan Pendalaman;

1. Bagaimanakah seharusnya kita berencana?

2. Apa fungsi pertimbangan dalam melakukan perencanaan?

3. Apa dampak hidup dengan perencanaan atau tanpa perencanaan?



Doa:

Tuhan Yesus, Dengan pertolonganMu perencanaan yang saya buat akan berhasil dengan baik, Amin.





Sumber: Renungan Harian ?Anggur Baru?





dilihat : 483 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution