Selasa, 17 Juli 2018 14:33:38 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 108
Total pengunjung : 406228
Hits hari ini : 889
Total hits : 3703064
Pengunjung Online : 4
Situs Berita Kristen PLewi.Net -KEHIDUPAN INI TIDAK PERNAH BERAKHIR
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Jum'at, 19 September 2008 00:00:00
KEHIDUPAN INI TIDAK PERNAH BERAKHIR
Lukas 16:22,23

??. Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham. Orang kaya itu juga mati lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut??



Cerita orang kaya dan Lazarus ini pertama kali digambarkan di dunia ini (ayat 19-20) dengan segala macam detailnya (si kaya bergelimang harta dan Lazarus bergelimang air mata) namun ayat 22 dan 23 menggambarkan bahwa Lazarus dan orang kaya itu akhirnya mati dan cerita tentang mereka berlanjut ke episode 2, namun di alam lain di mana Lazarus berada di pangkuan Abraham (sebagai gambaran surga) dan orang kaya di alam maut (sebagai gambaran neraka). Ini berarti bahwa kehidupan di dunia ini bukanlah satu-satunya kehidupan dan bukanlah kehidupan yang terakhir. Masih ada realitas lain di balik hidup ini. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang kekal (Man is the eternal being). Dengan demikian kehidupan manusia tidak akan pernah berakhir. Itu berarti bahwa kematian bukanlah akhir dari segalanya. Kematian hanya merupakan jalan/gerbang menuju kehidupan berikutnya.



Kalau kita sadari bahwa kehidupan kita akan berlanjut dan itu ditentukan dari kehidupan saat ini maka kita tidak akan hidup dengan sembarangan sebaliknya akan memperhatikan hidup kita dengan seksama ( Efs 5:15) dan mempergunakan setiap waktu yang ada untuk mempersiapkan diri bagi kehidupan selanjutnya (Efs 5:16). Efs 5:16 berbunyi : ?Pergunakanlah waktu yang ada??. Bahasa Yunani mempunyai arti 2 macam waktu. Yang pertama disebut ?kronos? yakni waktu yang senantiasa ada. Kata yang kedua adalah ?kairos?. ?Kairos? ini menunjuk kepada waktu yang tidak selalu datang. Ia bisa ada saat ini dan tidak akan pernah ada lagi. ?Kairos? ini lebih tepat diterjemahkan ?kesempatan?. Di dalam Efs 5:16 ini ternyata tidak memakai kata ?kronos? melainkan ?kairos?. Jadi Alkitab menasehatkan agar kita memperhatikan dengan seksama bagaimana kita hidup dan menggunakan setiap kesempatan.



Orang kaya itu gagal mempergunakan ?kairos? hidupnya sehingga semuanya jadi terlambat ketika ia mati. Ia terlambat percaya kepada kesaksian para nabi, terlambat berbuat kasih dan menginjili (ayat 27-28). Semasa di dunia ia tidak mempunyai beban penginjilan, setelah mati baru punya beban penginjilan. Tapi semuanya sudah terlambat.

Hidup adalah kesempatan, gunakanlah kairosmu sebaik-baiknya



Bahan Pendalaman ;



1. Bagaimana Anda melihat dan memahami hidup Anda saat ini?

2. Bagaimana sikap anda dalam mengelola hidup Anda?

3. Sudahkah Anda memanfaatkan waktu (kairos) anda dengan baik?



Doa

Tuhan Yesus, ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian hingga kami beroleh hati yang bijaksana sehingga menggunakan kesempatan, Amin.





Sumber: Renungan Anggur Baru





dilihat : 428 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution