Selasa, 17 Juli 2018 01:25:46 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 164
Total pengunjung : 406100
Hits hari ini : 1939
Total hits : 3701609
Pengunjung Online : 2
Situs Berita Kristen PLewi.Net -PETRUS DAN AYAM JAGO
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Rabu, 17 September 2008 00:00:00
PETRUS DAN AYAM JAGO
Matius 26:69-75.



?Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: ?Aku tidak kenal orang itu.??Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: ?sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali?.? (ayat 74-75)



Pada umumnya umat Kristiani termasuk banyak hamba Tuhan sangat kagum pada Petrus. Semua memandang Petrus sebagai satu sosok yang luar biasa. Dia adalah seorang pemberani. Dialah yang pertama membela Yesus dangan cara memotong telinga Malkhus, hamba seorang imam (Yoh. 18:10). Kemudian dia pula yang berapi-api membela imannya kepada Yesus di depan sahabat-sahabatnya. Melihat semangatnya yang demikian berapi-api, maka murid-murid yang lain juga seakan turut terbakar oleh semangat yang sama (Mat. 26:33,35). Ketika dia berkhotbah pada hari Pentakosta, maka pada hari itu 3000 orang jiwa baru bertobat. Jika dibandingkan saat ini, banyak yang sering mengungkapkan kalimat yang bernada menyindir berkata: Sekarang banyak orang sudah 3000 kali berkhotbah tapi baru 1 orang yang bertobat. Begitu hebatnya pengaruh Petrus kepada banyak jemaat dan hamba-hamba Tuhan.



Namun disisi yang lain, jika kita perhatikan ternyata Petrus sipemberani adalah orang pertama yang kembali menjadi penjala ikan setelah penyaliban Yesus. Dia pula satu-satunya murid yang menyangkal Yesus di depan orang banyak. Bahkan sampai dia mengutuk dan bersumpah bahwa dia tidak mengenal Yesus (Mat. 26:74). Tiga kali dia ditanya tentang hubungannya dengan yesus, selama itu pula dia terus menyangkal mengenalNya. Sebuah kondisi yang sangat bertolak belakang dari semangat yang diperhatikannya sebulumnya. Tetapi Petrus mendapat kemurahan Tuhan ketika dia mendengar ayam bekokok. Dia teringat bahwa hal itu pernah dikatakan Yesus kepadanya. Setelah dia sadar, dia pergi, lalu menangis dengan sangar sedih. Dia menyesali perbuatannya dan dia mau berdamai dengan dirinya sendiri dan dengan Tuhan Yesus. Pengakuan dan perdamaian inilah yang membawa perubahan besar dalam diri Petrus.



Petrus dipakai Tuhan sangat luar bisa. Tetapi ayam jago juga dipakaiNya sangat luar biasa. Pelayanan ayam jantan menobatkan seorang pengikut Yesus yang tidak mengakui gurunya sendiri. Pelayanan ayam jantan ini telah membuahkan hasil sampai hari ini. Dimana-mana di seluruh dunia terus menyerukan nama Yesus, dan banyak orang rela menderita karena nama Yesus. Tuhan dapat memakai apa saja sebagai alat bagiNya



Bahan Pendalaman ;

1. Apakah saudara termsuk golongan yang hanya dipakai oleh Tuhan?

2. Cukupkah jika kita dipakai olehNya?

3. Apa pendapat saudara tentang ayam jago yang berhasil menobatkan Petrus itu?



Doa:

Tuhan Yesus, tolonglah kami untuk terus melatih diri menjadi pribadi yang mendapat kemurahan dariMu ya Tuhan, Amin.





Sumber: Renungan Harian Anggur Baru

dilihat : 382 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution