Kamis, 19 Juli 2018 18:50:23 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 189
Total pengunjung : 406877
Hits hari ini : 1039
Total hits : 3709247
Pengunjung Online : 3
Situs Berita Kristen PLewi.Net -MENGANDALKAN MANUSIA ATAU MENGANDALKAN TUHAN
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Kamis, 24 Juli 2008 00:00:00
MENGANDALKAN MANUSIA ATAU MENGANDALKAN TUHAN
Yeremia 17: 5 - 8



?Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada TUHAN? (ayat 7)



Mengapa Allah mengajarkan kita untuk tidak mengandalkan manusia ? Sedikitnya ada dua alasan mengapa orang Kristen tidak boleh mengandalkan manusia.



Pertama, adalah karena manusia bisa mengecewakan. Manusia sering kali ingkar kepada kata-kata dan janjinya sendiri. Ada begitu banyak orang yang dengan mudah mengucapkan janji-janji manis: ?Tenang saja, saya akan bantu usaha kamu!,? ?Nanti kalau saya berhasil saya akan memberikan rumah ini untuk kamu!?, ?Saya akan selalu bersedia membantu kamu dengan sekuat tenaga!?. Namun semudah mengucapkan janji, semudah itu pula janji itu terlupakan. Mungkin kita juga adalah salah satu dari orang-orang yang sering mengingkari janji kita kepada sesama ?.



Kedua, adalah karena manusia memiliki kemampuan yang terbatas. Ada pula kenyataan orang yang berjanji kepada Anda ingin sekali menepati janjinya, tapi keadaannya tidak memungkinkan untuk menepati janji itu. Bisa jadi saat ingin membantu usaha Anda, ia malah mengalami kebangkrutan dalam usahanya. Atau saat ingin menolong Anda, ia malah sedang berada di tempat yang jauh.



Jadi, kalau kita sudah memahami bahwa manusia bisa mengecewakan dan bahwa, kemapuan manusia terbatas, mengapa kita masih mengandalkan manusia, dan bukan mengandalkan Tuhan ? Padahal dengan jelas hanyalah Tuhanlah satu-satunya pribadi yang patut diandalkan. Sebab Tuhan memiliki kriteria untuk dapat diandalkan.



Pertama, Tuhan selalu menepati janji-Nya. Allah tidak pernah mengingkari janji-Nya. Ia setia dan memegang perkataan-Nya. Kedua, Allah adalah pribadi yang Maha Kuasa. Tidak ada yang dapat membatasi kuasa Tuhan untuk menolong kita. Ia dapat memberikan pertolongan meski seberat apa pun masalah kita, kapan pun dan di mana pun kita butuh pertolongan. Allah adalah pribadi yang dapat diandalkan.



Jadi, siapa yang mau Anda andalkan ? Manusia yang mengecewakan dan terbatas atau Tuhan yang memegang janji-Nya dan tidak terbatas ? Mengandalkan Tuhan pasti tidak mengecewakan.





Bahan Pendalaman :

1. Mengapa kita harus mengandalkan Tuhan ?

2. Apa yang terjadi jika kita mengandalkan manusia ?

3. Apakah saudara lebih mengandalkan Tuhan dari manusia ?



Doa :

Tuhan Yesus, Engkaulah sumber kekuatan yang sangat terandalkan, karena itu saya percaya padaMu, Amin.





Pengirim : Ribka Tiny W.



Sumber : Renungan Harian Anggur Baru

dilihat : 415 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution