Sabtu, 15 Desember 2018 16:48:45 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 170
Total pengunjung : 450774
Hits hari ini : 1083
Total hits : 4152521
Pengunjung Online : 3
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Tidak Ada Gereja Yang Sempurna
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Selasa, 01 April 2008 00:00:00
Tidak Ada Gereja Yang Sempurna
?Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran? (1 Timotius 3:15)



Alkitab menyebut gereja sebagai mempelai Kristus dan tubuh-Nya (2 Kor.11:2 ; Ef.5:27 ;Why.19:7). Jika kita mencintai Yesus Kristus, kita juga harus mencintai gerejaNya (1 Ptr. 2:17 ). Orang percaya tanpa gereja, ibarat tulang tanpa tubuh atau domba tanpa gembala. Gereja membantu kita menjadi orang Kristen yang sejati. Karena menjadi anggota gereja, kita dapat berjumpa dengan kawan seiman, dan dapat mewujudkan kasih diantara satu dengan yang lain, sehingga semua orang tahu bahwa kita adalah murid-murid Tuhan (Yoh. 13:35 ). Gereja juga menolong kita dari sikap hidup mementingkan diri sendiri. Gereja ibarat sekolah dimana kita belajar hidup bersama sebagai anggota keluarga Allah dari tiap suku, status, latar belakang, dan perbedaan-perbedaan yang kita miliki. Kita lalu saling memperhatikan dan ikut merasakan apa yang dirasakan sesama kawan seiman (1Kor.12:26) . Jika kita adalah anggota dari gereja, tubuh Yesus Kristus, maka kita tidak menjadi penyebab masalah dalam gereja tetapi alat persatuan, damai sejahtera dan pertumbuhan dari gereja. Dan hal itu dapat terwujud melalui tiga langkah berikut ini.



1. Pusatkan perhatian pada hal-hal yang umum dan lazim, bukan pada perbedaan yang ada. Sebagai anggota tubuh Yesus Kristus, kita dipanggil untuk mewujudkan damai sejahtera dan hal-hal yang membangun dan bukan sebaliknya (Rm. 14:19 ). Gereja akan menjadi satu kesaksian yang luar biasa bagi dunia, jika kita saling menghibur dan saling membangun. Mata kita tidak boleh tertuju pada perbedaan yang kita miliki, tetapi pada kesamaan yang ada pada kita. Satu Tuhan, satu tubuh, satu tujuan, satu Bapa, satu roh, satu pengharapan, satu kasih, satu baptisan (Rm.10:12; 12:4-5; 1 Kor. 8:6; 12:13 ). Kita harus ingat bahwa Allahlah yang telah memilih dan menetapkan kita dalam perbedaan yang kita miliki sebagai bahagian anugerahNya yang harus disyukuri. Perbedaan kepribadian, latar belakang, kebangsaan dan lain-lain adalah keajaibanNya yang perlu dinikmati dan bukan untuk dipertentangkan.



2. Berpikirlah yang wajar dalam mengharapkan sesuatu dari gereja dan kawan-kawan seiman. Banyak diantara kita mengharapkan hal-hal yang hebat, sempurna dan yang mulia dari gereja, para pelayan Tuhan maupun dari kawan-kawan kita seiman. Dan kita kecewa, pindah gereja atau mundur dan tinggalkan Tuhan. Kita lupa bahwa gereja adalah kumpulan oran-orang yang tidak sempurna yang sedang menuju kepada kesempurnaan dari Tuhan (1 Kor.13:9-10) . Itu berarti tidak ada gereja yang sempurna di bumi ini. Apapun merek dan liturgy ibadahnya.



3. Pilihlah sesuatu yang membangun dan menguatkan, dan bukan mengkritik dan menggosip. Kecendrungan kita adalah melihat kelemahan orang lain dan bukan segi positif yang dimiliki. Itulah sebabnya Tuhan Yesus mengatakan mengapa kamu melihat selumbar di mata orang lain, sedangkan balok di matamu tidak engkau ketahui? (Mat.7;3). Mengkritik dan menghakimi bukanlah hak kita, tetapi adalah hak Allah (Rm. 14:4). Dikala kita mengkritik dan menggosip sesama kita, maka kita sedang menghancurkan persekuatuan dalam gereja.



Pengirim : tiny ribka

dilihat : 396 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution