Rabu, 18 September 2019 09:47:47 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 520101
Hits hari ini : 404
Total hits : 4959672
Pengunjung Online : 1
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Sekar Laut Akan Perluas Pasar Domestik dan Ekspor






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Selasa, 18 Juni 2019 20:05:13
Sekar Laut Akan Perluas Pasar Domestik dan Ekspor

Surabaya - Produsen makanan olahan PT Sekar Laut Tbk memperluas pasar domestik dan ekspor untuk mencapai target pertumbuhan penjualan sebesar 15 persen dan pertumbuhan laba sebesar 20 persen tahun ini.

Direktur PT Sekar Laut Tbk, John C Gozal, mengatakan, pada 2018 lalu penjualan perseroan tembus Rp 1 triliun atau meningkat sebesar 14,3 persen. Sedang laba bersih perseroan mencapai sebesar Rp 32 miliar, mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017 sebesar Rp 23 miliar. Selain peningkatan penjualan, peningkatan laba bersih 39 persen diatas target yang diperkirakan sebesar 20 persen itu juga dikarenakan efisiensi pada beban-beban perusahaan.

"Kami menargetkan penjualan tahun ini bisa tumbuh 15 persen yang akan mendorong pertumbuhan laba 20 persen," kata John saat paparan publik hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahun (RUPST) PT Sekar Laut Tbk di Surabaya, Selasa (18/6/2019).

Menurut John, untuk mendukung target pertumbuhan penjualan dan laba, perseroan memperluas pasar domestik dan pasar ekspor yang belum digarap. Untuk pasar domestik perluasan pasar ditujukan ke daerah-daerah di luar pulau Jawa seperti Sumatera dan Kalimantan. Sedangkan untuk pasar ekspor perluasan menyasar negara-negara di Eropa seperti Belanda dan Inggris serta Asia termasuk Korea Selatan, Jepang dan Tiongkok.

Selama ini, kata John, dari total penjualan hampir 60 persen ke pasar ekspor. Untuk pasar ekspor, yang paling banyak laku adalah produk krupuk. Sedang kontribusi pasar dalam negeri sebesar 40 persen. Untuk pasar dalam negeri, yang paling banyak terjual adalah produk sambal.

"Kami optimistis tahun ini target penjualan perseroan akan tercapai mengingat selama triwulan pertama 2019, penjualan kami sudah tumbuh 21 persen, apalagi dengan pengembangan pasar baru yang belum digarap," tandas John,

John meyakini, pada tahun mendatang pertumbuhan perseroan akan terus berkesinambungan dengan pengembangan pasar domestik dan ekspor yang belum digarap itu, apalagi dengan upaya perseroan yang terus melakukan inovasi produk.

"Penjualan ke pelanggan-pelanggan baru tentunya akan dapat menambah portofolio perseroan dalam jangka panjang," papar John.

Seiring dengan pengembangan pasar, menurut John, perseroan juga terus melakukan penambahan kapasitas produksi. Tahun ini perseroan mengalokasikan belanja modal sebesar Rp 20 miliar untuk pengadaan mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi. Kapasitas produksi per tahun kini naik dari 24.500 ton pada 2017 menjadi 30.000 ton.

"Kapasitas produksi sebesar itu, diperkirakan mampu memenuhi permintaan pasar hingga tiga tahun mendatang. Setelah itu, kita harus tambah kapasitas lagi," terang John.

John mengakui, kendala yang dihadapi perseroan adalah cepatnya pertumbuhan pasar yang mengharuskan adanya penambahan kapasitas. Contohnya, pesatnya pertumbuhan pasar untuk produk krupuk telah mendorong penambahan kapasitas baru dari sekarang 12.000 ton per tahun dan sudah terpakai 80 persen.

"Namun demikian, dengan kapasitas yang ada sekarang, pada triwulan I 2019, hampir semua produk kami mengalami peningkatan penjualan. Baik itu produk krupuk, sambal dan roti. Tapi, pertumbuhan penjualan yang paling tinggi adalah roti yang tumbuh diatas 50 persen," terang John.

Direktur PT Sekar Laut Tbk, Welly Gunawan, menambahkan, untuk meningkatkan penjualan perseroan juga telah melakukan diversifikasi produk. Untuk pasar ekspor, perseroan melakukan terobosan meluncurkan produk krupuk berbahan baku sayuran. Sedangan untuk pasar domestik, perseroan akan melakukan diversifikasi produk berupa sambal kemiri.

"Kami meyakini diversifikasi produk ini akan mendukung peningkatan penjualan perseroan kedepan," pungkas Welly.b1/red

dilihat : 34 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution