Minggu, 18 Agustus 2019 00:00:53 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 520077
Hits hari ini : 3
Total hits : 4876112
Pengunjung Online : 2
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Hadapi Generasi Strawberry, Daniel Rohi Ajak Orang Tua Ikut Berperan Aktif Dalam Mendidik Anak






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Jum'at, 10 Mei 2019 14:05:08
Hadapi Generasi Strawberry, Daniel Rohi Ajak Orang Tua Ikut Berperan Aktif Dalam Mendidik Anak

Surabaya,pustakalewi.com - Maraknya kasus perlawan murid kepada guru dan anak kepada orang tuanya akhir-akhir ini mendorong Pengurus Dewan Pendidikan Jawa Timur Dr.Ir. Daniel Rohi,M.Eng.Sc,IPM angkat bicara.

Kepada Pustakalewi.com Daniel mengatakan bahwa maraknya kasus perlawan murid atau anak kepada guru maupun orang tuanya tidak bisa sepenuhnya kita menyalahkan anak tersebut.

Jaman sekarang metode pengajarang dan pendekatan terhadap siswa sangat berbeda disbanding dengan jaman 10 atau 20 tahun yang lalu.Jika dulu kita keras kepada anak maka anak itu otomatis akan nurut dan tunduk pada kita.

Tapi saat ini menghadapi generasi yang bisa dibilang sebagai generasi Strawberry. Ciri generasi Strawbery adalah cerdas, menguasai IT dan independen namun rapuh seperti buah Strawberry yakni akan hancur kalau “ditekan” atau “dekerasi”. Guru arau orang tua tidak bisa seenaknya menerapkan metode kekerasan dalam mendidik dan mengajarkan anak-anak tersebut.

"Saat ini kita sebagai orang tua atau pengajar harus menempatkan diri sebagai kawan bukan sebagai pihak yang yang dominan bahkan ada yang otoriter, otoriter itu berlaku hanya di jaman feodal saja." . Sebaliknya kedepankan dialog dan sikap empati terhadap siswa ujar pria yang juga sebagai dosen teknik elektro di Universitas Kristen Petra Surabaya ini.

Tidak mudah memang kita mendidik atau mengajar anak dijaman sekarang ini, oleh karena itu peran guru di sekolah dan lingkungan atau masyarakat menjadi penentu juga dalam memeberi pendidikan dan pengajaran.

Tiga pilar itulah orang tua, guru dan lingkungan harus saling bersinergi, tidak bisa hanya guru dan lingkungan saja yang berperan, sedangkan orang tua tidak. Anak tersebut akan rentan sekali meledak-ledak emosinya jika sedang menghadapi masalah.

Peran orang tua harus lebih dominan dalam mendidik dan memberi pengajaran kepada anak karena waktu terbesar anak adalah saat dia ada dirumah. Jika dirumah tidak ada orang tua yang hadir bagi mereka maka sudah dapat dipastikan mereka akan mencari pelarian kepada lingkungan yang belum tentu bisa membawa kepada jalur yang positif.

Dan jika sudah sampai pada tahap itu maka kejadian seperti perlawanan dan pemukulan murid atau anak kepada orang tua atau guru akan terjadi lagi karena disaat seperti ini si anak merasakan ketidak pedulian terhadap diri mereka oleh pihak-pihak yang seharusnya memberi perhatian.mwp

dilihat : 286 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution