Senin, 18 November 2019 12:51:51 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 520218
Hits hari ini : 1350
Total hits : 5089529
Pengunjung Online : 1
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Zuzana Caputova, Presiden Wanita Pertama Slovakia






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Senin, 01 April 2019 11:11:26
Zuzana Caputova, Presiden Wanita Pertama Slovakia

Surabaya - Pemilihan Zuzana Caputova sebagai presiden wanita pertama Slovakia disambut meriah pendukungnya, Minggu (31 Maret). Oleh pendukungnya, Zuzana diharapkan memberikan perubahan.

Aktivis anti-korupsi ini bahkan diharapkan akan memberikan pemeriksaan pada pemerintah yang ternoda setelah pembunuhan tahun lalu terhadap seorang jurnalis.

Dilansir channelnewsasia, Senin (1/4/2019), kemenangan wanita berusia 45 tahun itu setelah perolehan suaranya mampu mengungguli kandidat dari partai berkuasa, sekaligus menjadi pukulan telak bagi Smer-SD.

Dia adalah pendatang baru yang relatif politis yang menjadi terkenal, setelah penembakan wartawan investigasi Jan Kuciak dan tunangannya pada Februari 2018, yang memicu protes massa dan menggulingkan perdana menteri saat itu.

Zuzana Caputova memenangkan 58,4 persen suara sesuai dengan penghitungan akhir hasil yang dirilis Minggu, dibandingkan dengan 41,6 persen untuk saingan partai yang berkuasa, komisioner energi Uni Eropa, Maros Sefcovic.

“Seorang kandidat yang mewujudkan kekuatan demokrasi telah menang, dan Sefcovic yang merupakan simbol kesinambungan, telah kalah,” kata analis Grigorij Meseznikov kepada AFP.

Berita utama koran-koran negara itu pada hari Minggu menyarankan pemungutan suara adalah awal yang baru bagi negara Eropa tengah sebesar 5,4 juta.

“Zuzana Caputova memberi kami harapan, tetapi pertarungan sesungguhnya hanya akan datang sekarang,” kata Dennik N, harian oposisi terkemuka.

Dia berlari pada slogan “Berdiri untuk Kejahatan” tetapi membuat titik untuk menjaga retorikanya permusuhan bebas.

“Mari kita cari apa yang menghubungkan kita. Mari kita mempromosikan kerja sama di atas kepentingan pribadi,” katanya saat hasilnya bergulir.

Kantor presiden sebagian besar bersifat seremonial, tetapi perannya melibatkan meratifikasi perjanjian internasional, mengangkat hakim tinggi. Presiden adalah panglima angkatan bersenjata dan dapat memveto undang-undang yang disahkan oleh parlemen.

Keadilan bagi Semua

Caputova yang akan dilantik pada 15 Juni, tidak asing dengan pertempuran sengit. Dia dikenal karena berhasil memblokir tempat pembuangan sampah yang direncanakan di kota asalnya, Pezinok setelah kampanye akar rumput selama satu dekade.

Dia menjadi tokoh yang dikenal dalam protes anti-pemerintah tahun lalu, bergabung dengan puluhan ribu orang yang berdemonstrasi setelah kematian Kuciak.

Wartawan telah bersiap untuk menerbitkan sebuah cerita tentang dugaan hubungan antara politikus Slovakia dan mafia Italia.

Pembunuhan memaksa Perdana Menteri, Robert Fico untuk mengundurkan diri, tetapi dia tetap pemimpin Smer-SD dan merupakan sekutu dekat perdana menteri saat ini.

Lima orang telah didakwa, termasuk seorang pengusaha jutawan dengan dugaan hubungan Smer-SD yang diduga memerintahkan pembunuhan atas penyelidikan Kuciak ke dalam kegiatannya.

Berbicara kepada AFP mengenai kampanye, Caputova mengatakan dia akan “memulai perubahan sistematis yang akan menghilangkan jaksa dan polisi dari pengaruh politik.”

Selain memperjuangkan keadilan bagi semua, Caputova menjanjikan perawatan yang lebih baik bagi para lansia dan perlindungan lingkungan.fjr/red

dilihat : 455 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution