Senin, 19 Agustus 2019 23:30:54 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 520078
Hits hari ini : 1980
Total hits : 4879985
Pengunjung Online : 1
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Khofifah Ajak Pelaku Usaha Kreatif di Era Digital






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Sabtu, 30 Maret 2019 20:05:36
Khofifah Ajak Pelaku Usaha Kreatif di Era Digital

Surabaya – Di era digitalisasi ekonomi seluruh elemen pelaku usaha diharuskan kreatif dan inovatif. Bila tidak, dikhawatirkan kalah dengan produk-produk luar dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi. Karena itulah untuk mendorong para pelaku usaha, Pemprov Jatim telah membuka pintu seluas-luasnya bagi startap-startup untuk membantu mengembangkan dan memasarkan produk-produk para UKM dan IKM di Jatim.

"Diharapkan dinas terkait membantu para pelaku UKM dan IKM dalam inovasi produknya, baik itu desain maupun bentuk packaging/pembungkus agar terlihat keren, higieni. Terutama untuk produk makanan dan minuman (Mamin)," ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat menghadiri Gelar Pelaku Usaha Wanita Kreatif, Di JX International, Surabaya, Sabtu (30/3) sore.

Dikatakannya, pendampingan oleh dinas terkait seperti Disperindag dan Diskop dan UMKM, dilakukan sampai produk UKM dan IMM mendapatkan sertifikasi Dalam Negeri (MD). Utamanya untuk produk Mamin harus mendapat sertifikat dari Balai POM serta mendapatkan literasi digital sehingga dapat mengakses marketplace,” ujar Gubernur Khofifah.

Menurut Gubernur, saat ini para pelaku usaha baik laki-laki, perempuan, maupun melenial tengah memasuki beradapan era digitalisasi ekonomi, dimana perusahaan tanpa kantor tanpa aset pun tetap bisa besar dan sukses.

Gubernur Khofifah mencontohkan, Society One merupakan Bakn yang paling cepat berkembang yang tidak memiliki aset. Begitupun Perusahaan transportasi Uber, yang merupakan perusajaan taksi terbesar di dunia namun tidak mempunyai armada satu pun.

Contoh lainnya, kata Khofifah, Perusahaan jejaring sosial Facebook, ini adalah platform media terpopuler tetapi tidka pernah menciptakan konten, dan Netflix merupakan perusahaan jaringan televisi yang paling cepat berkembang tanpa menggunakan kabel.

"Kita bisa lihat sebuah retailer terbesar di dunia tanpa memiliki gudang, sarana transportasi dan persediaan barang namun menjadi perusahaan besar, yakni Alibaba. Dari contoh-contoh ini Saya harapkan para pengusaha wanita bisa mencontoh Alibaba tidak punya inden barang, aset dan gudang tetapi bisa menjadi ritail terbesar di dunia," katanya.

Pada kegiatan ini, Gubernur juga meluncurkan kartu Jatim Berdaya. Kartu ini diperuntukkan bagi masyarakat yang sudah memulai usaha dan telah terinditifikasi usahanya. Kartu Jatim berdaya akan memberikan informasi data bagi pemegangnya, mulai apa jenis usahanya dan berapa omzetnya, sehingga layak untuk mendapatkan kredit pinjaman yang sesuai.

"Bagi yang punya dan pemegang kartu Jatim berdaya mereka dapat akses bunga pinjaman sebesar 6 %. Diharapkan kartu ini menjadi pintu masuk kembali bagi pelaku usaha wanita kategori kreatif di Jawa Timur,” tutur Gubernur Khofifah.info/red

dilihat : 447 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution