Sabtu, 24 Agustus 2019 02:34:38 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 520083
Hits hari ini : 241
Total hits : 4896351
Pengunjung Online : 1
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Sajian Menu Bangsawan Perancis Hadir di UK Petra






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Jum'at, 22 Maret 2019 11:05:08
Sajian Menu Bangsawan Perancis Hadir di UK Petra

Surabaya,pustakalewi.com - Sebelas restoran di Surabaya bergabung menyajikan hidangan ala Prancis dalam festival internasional gastronomi tahun 2019.

Salah satunya adalah Restaurant Bussines Universitas Kristen Petra (UK Petra) dengan chefnya adalah Hanjaya Siaputra, S.E., M.A., seorang dosen Program Manajemen Perhotelan UK Petra.

Gelaran ini akan dilaksanakan hari Kamis (21/3/2019) di Gedung Ferry Teguh Santosa lantai 2.

“Kami sangat senang sekali bahwa dunia pendidikan dalam hal ini UK Petra dapat ikut berpartisipasi dalam acara yang diikuti oleh 5000 peserta di 5 benua. Bagi kami, Goutde France Fine Dining ini menjadi sebuah pengalaman berharga bagi dosen dan mahasiswa untuk menggali lebih dalam mengenai makanan Prancis,” urai Dr. Sienny Thio, S.E., M.Bus., selaku Ketua Program Manajemen Perhotelan UK Petra.

Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 250 ribu maka para tamu akan mendapatkan menu lengkap fine dining mulai dari Aperitif, Starter, First, Second hingga Dessert di Restaurant Bussines UK Petra.

Penyusunan menu sudah dilakukan sejak dua minggu sebelum acara bersama tiga orang dosen Program Manajemen Perhotelan UK Petra.

“Konsepnya menggabungkan masakan lokal dengan masakan internasional. Jadi ketika memasak menggunakan cara lokal maka bahan yang digunakan adalah bahan internasional begitu juga sebaliknya,” urai Hanjaya.

Konsep ini tercermin saat Hanjaya menggunakan bahan-bahan lokal seperti Edamame, Serei, Kunyit, Labu kuning, Kluwek, Kabocha, Mbote hingga buah ciplukan. Akan tetapi bahan-bahan internasional seperti Scallop, lobster, hingga daging jenis Tokusen (import) hadir dalam setiap menu yang ditawarkan oleh Hanjaya dan para mahasiswa.

Untuk menu Aperitif, bahan utamanya menggunakan Scallop yang dimasak di atas pan fried. Karena Scalop ini termasuk barang mahal maka cara memasaknya pun tidak boleh salah. Sebab nanti malah akan menjadi seperti karet.

Menggunakan Serei (Lemon Grass) agar menghilangkan bau amisnya, urai Hanjaya. Menggunakan saos edamame maka rasa yang tercipta sangat elegan. Sedangkan Starter, Hanjaya menawarkan Soto Ayam Consomme.

Consomme ini merupakan makanan khusus para bangsawan, membuatnya cukup susah. Dibutuhkan kurang lebih 8-12 jam dalam proses pembuatannya. Rasa soto dengan penampilan yang sangat bening dan jernih membuat masakan ini menjadi lebih modern.

Untuk menu First Course, bahan utamanya menggunakan lobster. Pembuatannya dengan cara dioven dengan suhu rendah sekitar 3-4 jam lamanya.

Saosnya menggunakan butter, bawang putih dan labu kuning. Hiasannya pun menggunakan bunga lokal yang ada di Surabaya. Menu Second Course menggunakan daging jenis Takusen, lemaknya lebih banyak sehingga lebih empuk. Saosnya menggunakan Kluwek di dampingi dengan sayuran seperti Kabocha, Asparagus dan Mbote yang dijadikan bahan saosnya.

Sebagai hidangan penutupnya, Hanjaya menyiapkan Pandan Crème Brulee atau nama lainnya puding susu rasa pandan. Uniknya ditemani dengan sorbet rasa serei (lemon grass).

Acara tersebut dihadiri juga oleh tamu-tamu kehormatan seperti Konselor Pertama Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia, Charles-Henri Brosseau, Benoit Bavouset (Direktur IFI Surabaya), Pauline Ferté (Wakil Direktur IFI Surabaya), Rosa Karenina (Penanggung Jawab Pengajaran IFI Surabaya) dan Han Jayanata (Konsul Kehormatan Prancis untuk Surabaya).pr/red

dilihat : 445 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution