Minggu, 21 Juli 2019 16:09:36 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 520049
Hits hari ini : 1194
Total hits : 4820544
Pengunjung Online : 1
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Manfaat Prenatal Yoga bagi Ibu Hamil






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Selasa, 05 Maret 2019 11:05:59
Manfaat Prenatal Yoga bagi Ibu Hamil

Surabaya,pustakalewi.com - Prenatal yoga bisa menjadi pilihan yang tepat ibu hamil. Sebab pose pada prenatal yoga dirancang untuk melatih otot tubuh yang penting untuk kehamilan dan melahirkan.

Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian American Journal of Perinatology yang pada 2015. Hasilnya, yoga terbukti dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan, berat badan lahir rendah (BBLR), menguruangi rasa sakit serta stres.

Hal ini pula yang mendasari Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya di Jalan A. Yani Surabaya membentuk komunitas Yoga Prenatal atau Yoga Hamil dengan tujuan menciptakan relaksasi saat akan menjalani persiapan persalinan calon bayi.

Seperti yang disampaikan oleh Instruktur Yoga Prenatal RSI Surabaya, Iis Noventi, S. Kep., bahwa, Yoga Prenata ibu ibu hamil ini merupakan kegiatan rutin setiap hari sabtu yang digagas oleh RSI Surabaya A Yani yang sudah dilakukan sejak November 2018.

“Yoga Prenata ini merupakan salah satu program Pendidikan Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit (PKMRS) atau bisa dibilang CSR RSI A Yani karena tidak dipungut biaya sama sekali. Dengan tujuan mengajak ibu ibu hamil agar tidak was was dan khawatir untuk melakukan aktifitas,” kata Noventi saat ditemui pustakalewi.com, Sabtu, (02/03).

“Prenatal yoga atau yoga hamil adalah jenis yoga yang memang khusus didesain untuk masa kehamilan. Jenis yoga ini bisa membantu calon ibu secara fisik dan mental. Bagi yang sedang hamil, rutin berlatih jenis yoga ini agar merasa lebih kuat, tetap aktif selama kehamilan, dan bermanfaat bagi jabang bayi,” tambahnya.

Masih wanita yang juga Dosen Unusa ini, pentingnya mengikuti yoga Prenatal bagi ibu ibu hamil karena Selama kehamilan, tubuh mengalami banyak perubahan, yang membuat stres pada ibu hamil secara mental dan fisik. Dan, dengan yoga prenatal  ini adalah cara tepat untuk mempertahankan pikiran dan tubuh yang sehat. Sedangkan, waktu yang paling tepat untuk melakukan yoga adalah saat trimester ketiga atau saat janin sudah berumur 7 bulan ke atas. 

“Sebelum melakukan Yoga Prenatal kami selalu melakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu. Apakah ibu hamil tersebut memiliki penyakit seperti darah tinggi atau rendah, asam urat dan sebagainya. Karena, ini juga mempengaruhi tata cara yoga nantinya,” terangnya.

Dalam kelas yoga, RSI A Yani tidak hanya mengajarkan yoga tapi juga memberikan edukasi kesehatan dan tanya jawab. Sehingga, bisa memberikan solusi dan menambah pengetahuan terkait kehamilan.

Berikut ini beberapa khasiat lain melakukan prenatal yoga.

1. Membangun kekuatan tubuh
Tubuh yang kuat akan lebih siap untuk menopang tubuh ibu hamil, menyiapkan diri menghadapi persalinan dan saat buah hati telah lahir. Otot inti yang kuat akan membantu tulang belakang dan punggung bagian bawah yang sering memikul beban tubuh.

Termasuk juga memperkuat otot-otot panggul yang memudahkan Anda saat bersalin. Selain itu, latihan pernapasan pada prenatal yoga juga dapat melepaskan stres, ketegangan dan menenangkan diri selama persalinan.


2. Tidur lebih baik
American Pregnancy Association menyebutkan, 78 persen ibu hamil mengalami kesulitan tidur, baik insomnia, sering terbangun di malam hati dan sulit tidur kembali serta tak merasa segar setelah tidur. Mempraktikkan gerakan prenatal yoga akan membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Peneliti dari Universitas Harvard juga melakukan penelitian pada 20 orang yang menderita insomnia kronis. Setelah melakukan yoga selama delapan minggu, mereka mendapatkan kualitas tidur yang meningkat, dari segi durasi dan kualitas.

3. Memudahkan persalinan
Complementary Therapies in Clinical Practice melakukan penelitian pada dua kelompok ibu hamil pada 2008. Kelompok pertama adalah para bumil yang rutin prenatal yoga, sementara lainnya yang tidak berolahraga.

Para peneliti menemukan bahwa grup bumil yang melakukan prenatal yoga secara teratur mengalami lebih sedikit nyeri persalinan dan durasi persalinan lebih pendek dibanding kelompok yang tak melakukan yoga.

"Hal ini terkait dengan latihan pernapasan, relaksasi serta daya tahan kekuatan dari prenatal yoga. Dasar panggul dan pembukaan pinggul serta fokus pikiran tubuh juga merupakan manfaat dari prenatal yoga," kata Noventi.mwp

dilihat : 435 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution