Sabtu, 24 Agustus 2019 02:38:20 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 520083
Hits hari ini : 255
Total hits : 4896365
Pengunjung Online : 1
Situs Berita Kristen PLewi.Net -UK Petra Ajak Siswa SD Belajar Sambil Nonton Film






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Rabu, 31 Oktober 2018 11:05:14
UK Petra Ajak Siswa SD Belajar Sambil Nonton Film

Surabaya,pustakalewi.com - Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, menggelar acara Science Film Festival (SFF) 2018, di Auditorium UK Petra, Kamis (25/10) lalu. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang digelar secara berturut-turut mulai Rabu hingga Sabtu, 24-27 Oktober 2018.

Kegiatan tahunan ini mengusung tema Revolusi Pangan: Mengatasi Tantangan 2050 dan digagas oleh Perpustakaan UK Petra bekerjasama dengan Goetche Institute. Dalam kegiatan ini ada pemutaran Film, Pameran Karya, Demo Eksperimen, Workshop, Kompetensi hingga Story Telling. 

Di kegiatan ini UK Petra mengundang siswa-siswi SD Siwalankerto II. Sekitar 400 siswa yang hadir untuk mengikuti kegiatan hari ini, yakni menonton Film dan melakukan beberapa eksperimen. 

Film-film yang diputar hari ini adalah Film yang bertemakan food revolusi, Dino Dana Growing up Dino, Nine-and-a-half at Planet School: Sugar Free Sweets - Snacking with no End?, Messi Goes to Okido - Okido in Bloom, dan house of little scientist - biting plants.

Para siswa pun diajak untuk melakukan berbagai eksperimen bertema pangan, seperti Bangunan Mie Lidi (membuat sebuah rumah dengan mie lidi sebagai tiang), Gelembung dalam gelembung (Membuat 3 gelembung di dalam 1 gelembung), Awan Hujan (Membuat Awan Hujan) dan eksperimen Apakah Aku Serangga? (mencocokan mana serangga mana non serangga).

Selain melibatkan siswa SD Siwalankerto II, kegiatan ini juga melibatkan Siswa SMA sederajat diantaranya adalah siswa SMKN 12 Surabaya, SMKN3 Surabaya, SMA Gloria 2 Surabaya, SMA Katolik Untung Suropati Sidoarjo, SDN Percobaan Gedangan, SD Kristen Petra 1 Surabaya, SD Bethel Sulung Jemursari Surabaya, dan SDN Kutisari 1  Surabaya.

Tak hanya menonton film saja, para peserta selama empat hari akan diajak melihat pameran menambah ilmu pengetahuan diantaranya food waste, makanan sumber energi, hidangan sisa makanan, ampas kopi sebagai media tanam dan jembatan Hidrolis.

Misalnya seperti pameran makanan sumber energi ditunjukkan bahwa bahan makanan lemon bisa menghasilkan energi. 3 buah lemon mampu menghasilkan sumber listrik sebesar 3 volt. Mengapa bisa demikian? Sebab lemon mengandung senyawa asam sitrat (C6H807) yang dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. 

Selain itu, para peserta juga akan diajak bermain games bertajuk plan your plate. Secara berkelompok dengan 5-7 orang tiap kelompoknya selama 20 menit, para peserta diajak memilah gambar mana yang termausk makanan sehat dan mana yang termasuk makanan tak sehat.  

"Acara tahunan ini merupakan program yang baik untuk memudahkan para pelajar mengerti dan memahami STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dengan metode yang fun, menarik dan mudah dimengerti," ungkap Dian Wulandari, Kepala Perpustakaan UK Petra Surabaya.red/mwp

dilihat : 460 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution