Sabtu, 23 Maret 2019 21:32:59 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 294
Total pengunjung : 484590
Hits hari ini : 2657
Total hits : 4455432
Pengunjung Online : 4
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Doktor Moeljadi, Sekolah Mingggu Bukan Sekolah Formal






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Senin, 29 Oktober 2018 20:05:33
Doktor Moeljadi, Sekolah Mingggu Bukan Sekolah Formal

Surabaya,pustakalewi.com - Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu; ketercapaian pendidikan diukur menurut sistem evaluasi tertentu.

Pendidikan diselenggarakan oleh satuan pendidikan menurut jalur-jalur pendidikan antara lain pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan informal.

Ibadah adalah usaha sadar yang dilandasi oleh iman untuk menghampiri dan menyembah Tuhan YME. Ibadah dapat dilakukan secara perseorangan maupun secara bersama-sama.

Di dalam ibadah tidak ada kegiatan terstruktur dan berjenjang, juga tidak ada sistem evaluasi. Jadi, ibadah bukanlah salah satu bentuk pendidikan.

Sekolah Minggu itu sebutan kegiatan ibadah anak-anak di kalangan Kristen. Pelaksananya bisa lembaga gerejawi atau komunitas Kristen.

Biasanya penyelenggaraannya bersamaan dengan hari-hari peribadahan gerejawi yang diselenggarakan pada hari Minggu. Disana anak-anak berdoa, bernyanyi memuji dan menyembah Tuhan, dan mendengarkan Firman Tuhan.

Sekolah Minggu adalah bentuk kegiatan ibadah untuk anak-anak di kalangan Kristen. Dalam perkembangannya, penyelenggaraan ibadah gerejawi juga dilakukan selain pada hari Minggu, misalnya hari Sabtu atau Selasa.

Maka, Sekolah Minggu pun juga ada yang diadakan pada hari Sabtu atau Selasa. Meski demikian, sebutannya bukanlah Sekolah Sabtu atau Sekolah Selasa, melainkan Sekolah Minggu.

Sebutan Sekolah Minggu, terkait dengan konteks sejarah penyelenggaraan ibadah anak-anak yang semula dilakukan pada hari Minggu.

Sekolah Minggu adalah bentuk kegiatan ibadah untuk anak-anak di kalangan Kristen. Sekolah Minggu bukanlah bentuk kegiatan pendidikan formal.

Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi misalnya SD, SMP, SMA, dan PT.

Sekolah Minggu adalah bentuk kegiatan ibadah untuk anak-anak di kalangan Kristen. Sekolah Minggu juga bukan bentuk kegiatan pendidikan nonformal.

Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang, misalnya pendidikan kesetaraan (Paket A, B, C), pendidikan pada lembaga kursus, serta pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja.

Sekolah Minggu adalah bentuk kegiatan ibadah untuk anak-anak di kalangan Kristen.

Sekolah Minggu juga bukan bentuk kegiatan pendidikan informal. Pendidikan informal adalah jalur pendidikan mandiri yang diperoleh dari keluarga maupun lingkungan dengan bentuk kegiatan pembelajaran secara mandiri.

Hasil jalur pendidikan informal dapat diakui, jika peserta didik dapat lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga yang ditunjuk pemerintah.

Sekolah rumah (home schooling) merupakan salah satu contoh jalur pendidikan informal; sekolah Minggu tidak termasuk di dalamnya.

Sekolah Minggu adalah bentuk kegiatan ibadah untuk anak-anak di kalangan Kristen. Sekolah Minggu bukan lembaga pendidikan, sekolah Minggu adalah bentuk peribadahan.

Saya meminta Pasal 69 dan 70 RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan dicabut, karena tidak sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Oleh: Dr Yohanes Moeljadi Pranata, Dosen Universitas Negeri Malang

dilihat : 414 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution