Rabu, 26 Juni 2019 12:52:43 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 165
Total pengunjung : 516985
Hits hari ini : 1453
Total hits : 4746529
Pengunjung Online : 12
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Situbondo, Getaran Terasa dari Malang Sampai Bali






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Kamis, 11 Oktober 2018 07:05:19
Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Situbondo, Getaran Terasa dari Malang Sampai Bali

Surabaya - Telah terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 6,4 dengan pusat gempa berada di 61 kilometer timur laut Situbondo, Jawa Timur, sekitar pukul 01:44:57 WIB pada Kamis (11/10/2018).

Dari keterangan resmi BMKG, gempa di kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

Namun, goyangan gempa dirasakan di beberapa wilayah di Jawa Timur, antara lain Banyuwangi, Bondowoso, Jember, hingga Malang. Bahkan gempa juga dirasakan hingga ke Denpasar, Bali.kata Daryono saat dihubungi Kamis (11/10) dini hari.

Daryono juga menilai gempa Situbondo memiliki kemiripan pola dan jenis getar dari gempa di NTB. "Kalau ini ada sebuah kemiripan dengan pola sumber gempa yang mirip dengan gempa-gempa yang terjadi di Sesar Flores lombok. Ini tampak dari gitarnya dan mekanisme bahwa ada kemiripan dengab sesar Flores," kata Daryono

Menurutnya, getaran gempa Situbondo juga mencakup wilayah yang cukup luas. Itu dikarenakan, gempa yang berada di 61 km timur laut Situbondo merupakan gempa yang dangkal.

"6,4 SR itu gempa kuat, 12 km itu dangkal sehingga akan dirasakan pada tempat-tempa yang jauh seperti Surabaya, Mataram, NTB itu kuat sehingga dirasakan yang jauh. Di Bali juga dirasakan, ini spektrum getarnya cukup luas karena cukup signifikan," kata Daryono.

Daryono mengungkapkan gempa susulan masih dapat terjadi, namun dengan skala yang lebih kecil dari gempa utama. Menurut catatan BMKG, telah terjadi gempa susulan pasca gempa 6,4 SR yang terjadi pada pukul 01.44 tersebut, yakni pukul dua lewat dengan kekuatan 3,2 skala richter.

"Satu kali, masih potensi gempa susulan tapi jangan terlalu takut. Karena historisnya gempa tidak akan besar dan tidak kuat di situ ya," kata Daryono.

Gempa berkekuatan 6,4 skala richter yang berpusat di wilayah Situbondo, Jawa Timur terjadi tepatnya pukul 01.44 WIB di 61 km timur laut Situbondo. Gempa terjadi di kedalaman 10 km. Gempa yang tidak berpotensi tsunami tersebut juga dirasakan hingga ke Bali dan Mataram.

Gempa juga dirasakan merata oleh warga di wilayah Jawa Timur, Kamis (11/10). Gempa yang terjadi sekitar pukul 01.44 WIB itu pun sempat membuat warga panik.kmp/rep/red

dilihat : 433 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution