Senin, 16 September 2019 08:59:35 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 520099
Hits hari ini : 7026
Total hits : 4953804
Pengunjung Online : 1
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Taman Safari Prigen Peringati Hari Harimau Sedunia






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Senin, 30 Juli 2018 10:33:26
Taman Safari Prigen Peringati Hari Harimau Sedunia

Pasuruan - Taman Safari Prigen (TSP) menggelar peringatan Hari Harimau Sedunia (Global Tiger Day) dan mengajak masyarakat ikut melestarikan harimau. Acara digelar cukup meriah dengan berbagai kegiatan diantaranya keeper talk, IG Challenge, hingga feeding tiger di exhibit pada Minggu (29/7)

General Manager TSP, Diaz Yonadie mengatakan, melalui kampanye ini masyarakat diajak untuk memulai komitmen pelestarian harimau. Masyarakat diharapkan semakin paham tantangan konservasi yang saat ini semakin kritis. “Indonesia sebenarnya memiliki tiga sub species harimau, yaitu Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica), Harimau Bali (Panthera tigris balica) dan Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae). Namun yang tersisa saat ini hanya Harimau Sumatera,” ujarnya.

Sementara di dunia ada sembilan subspesies harimau, yaitu Harimau Jawa, Bali, Kaspia, Sumatera, Benggala, Siberia, Malaya, China Selatan dan Indochina. Tiga di antaranya telah punah yaitu Harimau Bali, Harimau Jawa dan Harimau Kaspia.

Manager Edukasi TSP, Eko Windarto menambahkan, Harimau Sumatera masuk dalam status Kritis (Critically Endangered). Berdasarkan data tahun 2004, jumlah populasi Harimau Sumatera di alam bebas hanya sekitar 400 individu saja. Harimau Sumatera menghadapi dua jenis ancaman untuk bertahan hidup. Pertama, mereka kehilangan habitat karena tingginya laju deforestasi dan terancam oleh perdagangan ilegal, di mana bagian-bagian tubuhnya diperjualbelikan dengan harga tinggi di pasar gelap untuk obat-obatan tradisional, perhiasan, jimat, dan dekorasi.

Sedangkan di alam liar, Harimau Sumatera hanya dapat ditemukan di Pulau Sumatera, Indonesia. Sementara semakin hari, habitat aslinya pun terusik dengan adanya pengalihan lahan hutan menjadi bisnis yang dinilai menguntungkan oleh oknum. “Karena itu, melalui event Global Tiger Day ini, Taman Safari Prigen ikut berkomitmen dalam pelestarian harimau dengan adanya dua species harimau yakni Harimau Sumatera dan Benggala,” katanya.

Sebagai Lembaga Konservasi, TSP mempunyai fungsi utama pengembangbiakan terkontrol dan atau penyelamatan satwa dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya. Di sisi lain, TSI Group memiliki kontribusi dalam konservasi satwa liar Indonesia khususnya Harimau Sumatera dengan melakukan penyelamatan Harimau Sumatera bermasalah di habitatnya, baik program relokasi maupun translokasi.(info/red)

dilihat : 460 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution