Sabtu, 21 Juli 2018 05:19:00 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 259
Total pengunjung : 407218
Hits hari ini : 2348
Total hits : 3712748
Pengunjung Online : 6
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Jelang Bulan Puasa Bulog elar Gerakan Stabilisasi Pangan






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Sabtu, 12 Mei 2018 20:36:27
Jelang Bulan Puasa Bulog elar Gerakan Stabilisasi Pangan

Surabaya – Jelang datangnya Bulan Suci Ramadan Perum Bulog Divisi Regional Jawa Timur (Divre Jatim) menggelar Gerakan Stabilisasi Pangan (GSP) dan bazar di wilayah Jawa Timur. Hal ini dilakukan guna mengantisipatisi lonjakan harga komoditas pangan menjelang Ramadan hingga sampai Lebaran.

Dalam program GSP tersebut, Bulog menggelontorkan sedikitnya lima komoditas utama, yaitu beras, gula minyak goreng, tepung terigu, daging sapi beku dan komoditas lainnya.

Meskipun harga pangan beras di Surabaya dan Jawa Timur dibawah Harga Eceran tertinggi (HET) tetapi Bulog tetap melaksanakan gerakan stabilisasi harga. Saat ini Bulog mempunyai stok beras sebanyak 230 ribu ton cukup untuk kebutuhan masyarakat sampai 10 bulan kedepan. Stok cukup Bulog seriap hari terus ada penambahan dan peningkatan stok digudang-gudang beras di Jawa Timur. Peningkatan beras tersebut hasil pembelian dari masyarakat yang saat ini sudah memasuki panen raya, sehingga kebutuhan pangan di Jawa Timur untuk Ramadan sampai lebaran cukup aman. Sementara Bulog untuk persediaan gula pasir telah mennyiapkan 31 ribu ton dan minyak goreng dengan harga di bawah HET pemerintah.

Dalam GSP tersebut Bulog akan siapkan bazar kebutuhan pokok setiap hari menjelang Ramadan sampai pasca Lebaran . Dalam bazar tersebut akan disiapkan beberapa paket yang salah satunya adalah paket sembako Lebaran. Paket ini berisi beras, gula pasir, minyak goreng, dan tepung terigu. “Disetiap paket juga disiapkan beberapa varian harga mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 100.000. “Ujar Kepala Divre Bulog Jawa Timur Muhammad Hasyim selesai mendampingi Menteri Perdagangan (Mendag) sidak di Pasar Wonokromo Surabaya, Sabtu (12/5).

Gerakan stabilisasi harga akan dilaksanakan di beberapa titik. “Saat ini, Bulog melaksanakan gerakan stabilisasi harga di beberapa titik diantaranya Rumah Pangan Kita (RPK) yang tersebar di 18 pasar di seluruh Jawa Timur ditambah 62 titik bazar di seluruh pasar kota Surabaya”, jelasnya.

Jika masyarakat atau toko klontong mengalami kesulitan menemukan beras medium bisa datang ke Bulog. Bulog sudah menyiapkan beras dengan harga Rp 8.100/kg dan gula pasir dengan harga Rp 12.500/kg. Bila diperlukan Pemerintah Jawa Timur, Bulog juga akan menyiapkan kebutuhan pokok selain beras, Bulog menyiapkan daging beku dengan varian harga maksimal di kisaran Rp 80.000/kg. Daging ini adalah salah satu alternative pemerintah provinsi Jawa Timur apabila dimungkinkan akan kekurangan daging lokal.

Sementara untuk kebutuhan pokok telur, bulog juga memiliki telur yang di suplay dari beberapa kabupaten dan kota di seluruh Jawa Timur. Tetapi di kota Surabaya hanya di waktu tertentu akan ada suplai telur dari Bulog.info/red

dilihat : 77 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution