Jum'at, 21 September 2018 01:50:28 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 278
Total pengunjung : 421962
Hits hari ini : 2773
Total hits : 3884361
Pengunjung Online : 6
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Dukung Pembelajaran Berbasis IT, Mahasiswa Unusa Peroleh Tablet E-Sorogan






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Sabtu, 07 April 2018 13:15:44
Dukung Pembelajaran Berbasis IT, Mahasiswa Unusa Peroleh Tablet E-Sorogan

Surabaya, Pustakalewi.com- Komitmen Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa) untuk terus mengembangkan model pembelajaran interaktif berbasis IT, ini di buktikan dengan memberikan Tablet E-Sorogan kepada seluruh dosen dan mahasiswanya, pada Jumat(6/4).

Pemberian perangkat tablet E-Sorogan ini terkait dengan upaya Unusa dalam pengembangan proses belajar mengajar yang interaktif berbasis online.

"Tahun sebelumnya kami sudah memberikan hanya kepada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, tahun ini mahasiswa baru akan mendapatkan Tablet E-Sorogan," tutur Rektor Unusa Prof Dr Ir Achmad Jazidie, M.Eng.

Cara belajar sorogan selama ini lazim diterapkan di pondok pesantren (ponpes). Biasanya, santri yang sedang menimba ilmu dan siap diuii menyodorkan (sorogan) buku ajar atau kemampuan bacaan Al-Quran ke kiai.

“Berbeda dengan sistem belajar sorogan di pesantren, karena yang diterapkan Unusa, sorogan berbasis elektronik (e-Sorogan). Caranya dengan memanfaatkan tablet sebagai pengganti buku. Selain lebih praktis cara ini mengurangi penggunaan kertas dalam sistem perkuliahan,“ imbuh nya

Achmad Jazidie Optimistis jika cara yang dikembangkan Unusa ini membuatt mahasiswa tidak perlu lagi membawa buku yang tebal. Karena semua mata kuliah sudah terangkum menjadi satu di tablet tersebut Bahkan menulis dan berbicara Sudah secara otomatis terekam dan tersimpan.

Melalui aplikasi Unusa Cyber Gate, yang dapat diunduh di Play Store terkait dengan kebutuhan perkuliahan sudah bisa peroleh, termasuk jadwal perkuliahan, praktikum dan beberapa pengumuman.

“Saya berharap model ini akan menjadi sebuah sistem yang memudahkan daIam perkuliahannya”, pungkasnya.

Ditambahkannya, latar belakang penerapan e-sorogan ini karena dunia pendidikan tidak bisa lagi dilepaskan dari kemajuan teknologi. Apalagi saat ini sudah mulai memasuki revolusi industri keempat di mana sudah masuk era interact of things. (ibs)

dilihat : 73 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution