Selasa, 17 Juli 2018 14:16:05 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 106
Total pengunjung : 406226
Hits hari ini : 831
Total hits : 3703006
Pengunjung Online : 6
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Wujudkan Peduli Lansia, Mahasiswa ini Ciptakan Aplikasi Untuk Merawat Manula






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Kamis, 01 Maret 2018 14:11:54
Wujudkan Peduli Lansia, Mahasiswa ini Ciptakan Aplikasi Untuk Merawat Manula

Surabaya,PL.com-bentuk kasih sayang dapat di tunjukan melalui karya yang inovatif, seperti menciptakan aplikasi yang ditujukan untu ditujukan untuk membantu kegiatan yang berhubungan dengan keseharian manula.

Fenny Destasia Chan, mahasiswi Program Studi Informatika UK Petra dan menjadikan bahan dalam proyek Tugas Akhirnya yang bertajuk Aplikasi Carring Assistance

Aplikasi yang di tujukan untuk Perawat Manula Berbasis Android dan Raspberry mahasiswi sangat menaruh perhatian akan pemantauan layanan 24 jam kesehatan para manula.

"Itu pernah kejadian kakek saya jatuh pas ke toilet dan itu tengah malam. Kita serumah kaget dan saya juga sayang banget sama emak (nenek). Jadi ke depannya pengen bantu mereka, terinspirasilah merancang alat ini," ujar Fenny Destasia Chan, Rabu (28/2)

Pada dasarnya cara kerja aplikasi caring assistance untuk perawat manula ini berbasis Android. Tugasnya membantu perawat untuk memantau kesehatan manula mulai dari mengingatkan perawat manula

“Ada kalanya para perawat yang ada di panti wreda tidak bisa stand by 24 jam. Hal ini sangat berbahaya, sebab tak jarang di malam hari para manula membutuhkan bantuan. Teknologi ini menjadi perantara antara manula dengan perawat manula. Akan ada video life streaming, jadwal obat manula, daftar Rumah Sakit dan apotek terdekat”, urai mahasiswi peraih nilai A untuk TA-nya.

Mahasiswa asal Balikpapan apalikasi ini dapat menyimpan data mengenai jadwal obat manula, mampu melihat kondisi manula secara live streaming, daftar rumah sakit dan apotek terdekat dengan menggunakan fasilitas Google Places Application Programming Interface (API) dan Global Posittioning System (GPS) pada smartphone.

“Tak banyak aplikasi yang menggunakan teknologi seperti ini sebab aplikasi yang ada sekarang dianggap kurang efektif. Aplikasi ini menggunakan hardware yang dapat dipegang manula dan dibantu dengan kamera Raspberry Pi yang tersambung ke mobile”, tutup Fenny.(ibs)

dilihat : 65 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution