Sabtu, 21 Juli 2018 05:08:35 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 259
Total pengunjung : 407218
Hits hari ini : 2306
Total hits : 3712706
Pengunjung Online : 3
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Kunjungi Peru Paus Fransiskus Temu Masyarakat Pedalaman Amazon






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Minggu, 21 Januari 2018 11:08:08
Kunjungi Peru Paus Fransiskus Temu Masyarakat Pedalaman Amazon

Peru - Paus Fransiskus menyerukan langkah perlindungan suku dan pelestarian alam Amazon dalam kunjungannya ke Peru pada Jumat (19/1). Ia juga mengatakan kalau “bisnis yang serakah” tak diizinkan merusak unsur budaya dan alam di dunia.

Selama lima tahun terakhir, Paus Fransiskus memang fokus dengan masalah perlindungan alam. Ia datang ke Amazon, yang telah lama didera oleh isu penebangan liar demi penambangan ilegal.

“Orang Amazon tidak pernah merasa terancam seperti sekarang untuk mempertahankan tanah mereka,” kata Paus Fransiskus di hadapan perwakilan puluhan suku yang datang ke acara pertemuannya, seperti Harakbut, Esse-ejas, Shipibos, Ashaninkas dan Juni Kuin.

Acara pertemuan antara Paus Fransiskus dan perwakilan suku-suku Amazon juga dihadiri oleh ribuan warga suku yang berjalan kaki dari berbagai pedalaman Peru ke tempat acara di Puerto Maldonado.

Paus Fransiskus mengawali pidatonya setelah mendengarkan pernyataan dari perwakilan suku-suku Amazon mengenai aksi pembabatan hutan yang semakin menyudutkan mereka.

“Mereka datang ke tanah kami tanpa mengajak diskusi. Mereka seakan memerkosa tanah kami,” kata Hector Sueyo, perwakilan dari Suku Harakbut.

Tak hanya penambang liar, penyelundup narkoba juga ikut memanfaatkan lahan hutan Amazon untuk akses yang mengakibatkan banyak kasus kekerasan terjadi. Sudah beberapa aktivis lingkungan dan warga suku yang tewas menjadi korban.

Perwakilan Vatikan yang terakhir datang ke Amazon ialah Paus Yohanes Paulus II pada tahuun 1985.

Dalam pidato, Paus Fransiskus juga mengatakan kalau Vatikan akan memberikan dukungan penuh untuk perlindungan terhadap budaya dan alam di Amazon.

Perwakilan suku-suku di Amazon berharap kunjungan Paus Fransiskus dapat membuat pemerintahan Presiden Pedro Pablo Kuczynski membuat aturan yang lebih berpihak kepada budaya dan alam Amazon.cnn/red

dilihat : 129 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution