Rabu, 22 Mei 2019 12:23:21 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.



Pengunjung hari ini : 234
Total pengunjung : 505072
Hits hari ini : 1439
Total hits : 4627483
Pengunjung Online : 5
Situs Berita Kristen PLewi.Net -UNUSA Resmikan Pusat Pengembangan Masyarakat dan Peradaban Islam






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Jum'at, 15 Desember 2017 02:05:15
UNUSA Resmikan Pusat Pengembangan Masyarakat dan Peradaban Islam

Surabaya,pl.com - Isu-isu liar yang banyak beredar ditengah masyarakat membuat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) ambil sikap. Dengan meresmikan Pusat Pengembangan Masyarakat dan Peradaban Islam (PPMPI), dinilai mampu memberikan solusi atas permasalahan yang berkembang akibat kemajuan sains dan teknologi.

Sabtu (16/12), PPMPI resmi dibuka dengan mengadakan kajian tahun 1439 H bertema Mengkaji ke-Ekstrim-an Beragama (religious extremism) dalam Perspektif Psikologi dan Sosiologi di Hotel PrimeBiz, Surabaya.

Kegiatan akhir tahun ini menghadirkan pakar psikologi dan sosiologi di Indonesia, Prof Dr Nasaruddin Umar, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Muhammad Najib Azca, Center for Security and Peace Studies, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, dr. Hafid Algristian, Sp.KJ. – Kedokteran Jiwa, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Rektor Unusa, Prof Dr Ir Achmad Jazidie, menuturkan adanya PPMPI dan kegiatan ini merupakan respons Unusa terhadap situasi sekarang ini. Mulai dari permasalahan agama, terlebih konflik dan kekerasan atas nama agama yang semakin meningkat.

“Kajian Psikologi dan Sosiologi keekstriman Beragama UNUSA dibuat dalam rangka memperluas wawasan akan persoalan agama dan masyarakat. Serta memberi kontribusi pada usaha peningkatan kesejahteraan psikologis dan sosial masyarakat Indonesia dalam upaya menciptakan masyarakat yang lebih damai,” ungkapnya saat dihadapan awak media di Ruang Rektor, Tower Unusa Kampus B Jemursari Surabaya, Kamis 14 Desember 2017.

Guru Besar Robotika Teknik Elektro ini menambahkan, Kajian ini dibuat melalui serangkaian diskusi dengan para pakar psikologi dan sosiologi dari berbagai perguruan tinggi Indonesia, setiap minggu ke-2 sejak Desember 2017 hingga Agustus 2018.

Topik kajian Psikologi meliputi anxiety, cognitive dissonance, depresi, giftedness, dan psikologi komunitas. Topik kajian Sosiologi sendiri meliputi teori identitas, teori social movement, dan teori komunitas.

Sementara, Ketua PPMPI, Ir Wardah Alkatiri menjelaskan bahwa kegiatan melakukan pengkajian terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat sebagai akibat kemajuan sains dan teknologi, baik konteks lokal maupun nasional. Dari sudut pandang spiritualitas islam dan hukum islam.

“Program kerjanya sendiri mulai dari riset, kajian rutin, penerbitan jurnal dan buku hingga dakwah. Dengan tujuan, mengkaji dan mensosialisasikan pemikiran islam dalam menghadapi era globalisasi,” jelasnya. mwp

dilihat : 434 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution