Sabtu, 15 Desember 2018 12:15:21 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 135
Total pengunjung : 450738
Hits hari ini : 640
Total hits : 4152078
Pengunjung Online : 4
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Kurangi Kecelakaan Kereta Api, Mahasiswa UBAYA Ciptakan AuraGS






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Minggu, 15 Januari 2017 21:06:35
Kurangi Kecelakaan Kereta Api, Mahasiswa UBAYA Ciptakan AuraGS

Surabaya, Pl.net- Menurut Data Investigasi Kecelakaan Perkeretaapian sepanjang 6 tahun, tercatat sebanyak 35 peristiwa kecelakaan kereta api yang merenggut 55 korban jiwa dan 240 korban luka-luka. Tingginya tingkat kecelakaan kereta api di Indonesia yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya masih banyak perlintasan kereta api yang tidak berpalang.

Permasalahan ini akibat kurangnya pasokan listrik, selain itu kecelakaan kereta api di perlintasan umumnya juga dapat disebabkan oleh kelalaian petugas dalam menutup palang pintu perlintasan.
Inilah yang mendorong tiga mahasiswa Program Studi Teknik Manufaktur Fakultas Teknik Universitas Surabaya merancang Automatic Railway Gate System (AuraGS) yaitu palang pintu kereta api otomatis yang menggunakan aki sebagai sumber daya.(10/1)

Anthoni, Andreas Wijaya dan Yovita Sugionoputri mengembangkan palang pintu otomatis yang sudah ada, bedanya AuraGS menggunakan aki sebagai sumber daya energi. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir daerah-daerah terpencil yang tidak memiliki palang pintu kereta serta memiliki keterbatasan sumber daya listrik.

Prototype palang AuraGS di buat 1:2 dengan aslinya, palang kereta asli memiliki panjang 4 meter, sehingga palang AuraGS sepanjang 2 meter dan tingginya 1 meter. Untuk baling-baling, dibuat seperti ukuran aslinya yaitu tingginya 1,8 meter. Tim memanfaatkan fan indoor AC bekas yang dirakit dengan baja untuk menjadi baling-baling. Nantinya, baling-baling akan diletakkan 1,2 meter dari rel kereta.

"Daya aki tidak akan habis karena daya yang terpakai untuk membuka tutup palang akan segera digantikan dengan daya yang baru," ungkap Anthoni, mahasiswa semester 6 ini.

AuraGS telah memperoleh beberapa prestasi diantaranya Juara 1 Pekan Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya (Pimus) 2014 Cabang Karya Tulis Ilmiah, Medali Perak International Invention, Inovation, and Design 2015 di Johor, Malaysia.

Selain itu, AuraGS juga menerima Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) oleh Kemenristekdikti Periode Pendanaan 2016. ” Dalam Pimus dan International Invention, Inovation, and Design 2015 di Johor itu hanya perancangan sistem saja, kemudian baru dikembangkan sehingga menghasilkan protorype dengan skala perbandingan 1:2”. jelas Sunardi Tjandra, S.T., M.T, selaku dosen pembimbing. (Ibs)


dilihat : 322 kali


   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution