Rabu, 19 Desember 2018 04:52:41 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 122
Total pengunjung : 451891
Hits hari ini : 904
Total hits : 4161411
Pengunjung Online : 2
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Walikota Surabaya Resmikan Box Cluivert Sidotopo






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Senin, 09 Januari 2017 15:23:09
Walikota Surabaya Resmikan Box Cluivert Sidotopo

Surabaya - Wajah kawasan di Jalan Sidotopo Wetan, Kecamatan Simokerto yang dulunya selalu padat lalu lintas dan juga menjadi langganan genangan air ketika musim hujan, kini telah berubah.

Adalah pembangunan box culvert oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sejak 2012 lalu yang telah mengubah kawasan itu menjadi lebih nyaman bagi warganya.

Dulu, kawasan Jalan Sidotopo Wetan hanya memiliki satu jalur jalan dengan dua lajur yang difungsikan dua arah (utara-selatan). Sehingga, kemacetan terjadi hampir setiap hari karena volume kendaraan yang cukup padat. Lalu, saluran air yang tepat berada di samping jalan, juga acapkali tidak mampu menampung kapasitas air hujan yang berlebih sehingga menyebabkan banjir.

Baru ketika pembangunan box culvert yang dilakukan Pemkot Surabaya sejak tahun 2012 hingga 2016, masalah kemacetan lalu lintas dan juga genangan air di kawasan padat hunian penduduk tersebut, teratasi. Selama empat tahun, sudah terbangun sepanjang 1756 meter yang terdiri dari dua jalur jalan. Satu jalur masing-masing ke arah utara dan selatan dengan masing-masing memiliki dua lajur.

“Dulu kawasan ini selalu banjir ketika musim hujan. Lalu lintas nya juga macet karena jalannya cuma satu jalur. Di atas saluran air nya lalu dibangun box culvert. Kita kerjakan empat tahun,” tegas Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini ketika peresmian box culvert Jalan Sidotopo Wetan Kecamatan Simokerto, Jumat (6/1/2017).

Peresmian box culvert tersebut dihadiri, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, Erna Purnawati, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat dan beberapa kepala SKPD Pemkot Surabaya, serta Camat Simokerto, Henny Indriaty.

Menurut wali kota, pembangunan sistem drainase di kawasan tersebut tidak mudah dan juga membutuhkan anggaran yang cukup besar. Yakni sebesar 105,078 miliar. Ini dikarenakan sanitasi nya yang kurang bagus.

“Investasinya besar sekali. Terutama untuk membenarkan sanitasi. Yang ini akan kami selesaikan dulu dan nanti ini (pengerjaannya) belok ke arah Tenggumung Lor,” jelas wali kota.

Kabid Pematusan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, Syamsul Hariyadi menambahkan, pembangunan box culvert di Jalan Sidotopo Wetan tersebut memiliki dua fungsi. Selain untuk konversi saluran dari irigasi menjadi drainase guna mengatasi genangan air, juga untuk menambah kapasitas jalan sehingga melancarkan arus lalu lintas di sana. “Harapannya, perekonomian warga di sini bisa meningkat karena lalu lintas sudah lancar dan tidak lagi banjir,” jelas Syamsul.

Dijelaskan Syamsul, selain melakukan konversi fungsi saluran, Pemkot juga menambah kapasitas saluran dari 1,5 meter menjadi tiga meter. Saluran drainase tersebut memiliki catchment area terdiri dari saluran Sidotopo Wetan, Kedungmangu, Tenggumung dan Sidoyoso.

“Pembangunan nya cukup lama karena anggaran nya dibagi seluruh Surabaya sehingga pembangunan nya bertahap 300 meter, sampai totalnya mencapai 1756 meter,” pungkas Syamsul. kbrg/red

dilihat : 186 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution