Rabu, 19 Desember 2018 14:30:03 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 239
Total pengunjung : 452009
Hits hari ini : 1738
Total hits : 4162245
Pengunjung Online : 3
Situs Berita Kristen PLewi.Net -“Uri-Uri” Budaya Majapahit, Mahasiswa Ubaya Ciptakan Produk Kreatif






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Jum'at, 23 Desember 2016 03:09:51
“Uri-Uri” Budaya Majapahit, Mahasiswa Ubaya Ciptakan Produk Kreatif

Surabaya, pl.net- Menjaga warisan leluhur merupakan tanggung jawab para generasi muda saat ini, kebudayaan adalah warisan intelektual yang diturunkan dari setiap generasi ke generasi. Situs candi Majapahit wujud peninggalan peradaban bangsa Indonesia pada masa lampau dan harus di lestarikan.

Kali ini mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (UBAYA) menciptakan karya bertajuk Nusantara Lama, pada Rabu (21/12).

Tujuan dibuatnya karya Uri-Uri ini adalah untuk memperkenalkan budaya masa lampau dan juga melestarikan kekayaan budaya Indonesia. Tidak hanya membuat karya, mahasiswa juga harus mengetahui makna dan filosofi dari setiap peninggalan tersebut.

Dipilihnya candi sebagai inspirasi Trowulan identik dengan Majapahit, Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di nusantara. Peninggalan kerajaan Majapahit memiliki potensi untuk di jadikan referensi dalam berkarya.

Para Mahasiswa yang tergabung dalam mata kuliah Ragam Hias ini sebelumnya telah melakukan survey ke empat candi yaitu Candi Brahu, Candi Tikus, Candi Bajang Ratu dan Candi Wringin Lawang.
Observasi dilakukan pada bulan September supaya mahasiswa dapat mengenal, mengamati, menelaah dan kemudian dapat diterjemahkan ke dalam karya baru sesuai dengan kreatifitas masing-masing.

“Kelompok saya membuat karya siluet dari bentuk candi, ini terinspirasi sejarah dibuatnya candi tikus. Karya video mapping ini menjelaskan asal muasal candi tikus dibangun, kemudian apa kegunaan nya pada masa itu. Lantas apa nilai filosofi dan makna dari relief yang di candi tikus” ujar Ivan Hendrika salah satu mahasiswa pembuat karya Uri-uri Budaya
Karya ini dikerjakan selama 6 bulan mulai dari konsep, survey, menelaah dan kemudian dituangkan menjadi karya untuk dipublikasikan, terdapat karya lain yang dibuat buat beraneka ragam, mulai dari tas, perhiasan, mural, dan kerajinan tangan lainnya yang mengambil inspirasi dari benda-benda peninggalan kerajaan Majapahit, khususnya Trowulan tiap karya dikerjakan oleh dua orang secara berkelompok.

Mata kuliah yang diampu oleh Prayogo Widyastoto Waluyo, S.Pd., M.Sn. dan Wyna Herdiana, S.T., M.Ds. ini merupakan mata kuliah pilihan yang bisa diambil oleh mahasiswa Desain Manajemen Produk dan Desain Fashion dan Produk Lifestyle.

“Setelah melakukan observasi bersama, mahasiswa bebas membuat karya apa saja sesuai kreatifitas mereka, asalkan tidak melunturkan filosofi yang ada pada objek observasi tersebut,” ungkap Prayogo Widyastoto Waluyo, S.Pd., M.Sn. (ibs)

dilihat : 387 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution