Rabu, 17 Oktober 2018 04:14:51 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 272
Total pengunjung : 429933
Hits hari ini : 5043
Total hits : 3967560
Pengunjung Online : 3
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Pernyataan Sikap JKLPK Terkait Pelarangan Ibadah Natal di Bandung






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Kamis, 15 Desember 2016 07:35:06
Pernyataan Sikap JKLPK Terkait Pelarangan Ibadah Natal di Bandung

Praktek intoleran terhadap kebebasan beragama dan berkeyakinan (KBB) kembali terjadi. Kali ini terjadi di Kota Bandung, Jawa Barat. Sekelompok orang yang mengatasnamakan Pembela Ahlus Sunnah (PAS) dan Dewan Dakwah Islamiah Indonesia (DDII) melarang Ibadah Perayaan Natal dalam Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) yang dipimpin oleh Pendeta Stephen Tong di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari Kota Bandung pada 6 Desember 2016. Usaha pelarangan sudah dimulai sejak siang hari dengan melakukan demonstrasi di luar gedung Sabuga. Dan pada sore harinya kelompok massa masuk ke dalam gedung dan meminta jemaat untuk segera menghentikan perayaan Natal. Mereka beranggapan perayaan Natal ini telah melanggar Surat Keputusan Bersama 2 Menteri tentang pendirian rumah ibadah. Menurut mereka, perayaan Natal seharusnya dilakukan di gereja. Padahal, pihak panitia sudah memiliki izin dan menyewa gedung.

Pelarangan ini telah mencoreng citra Kota Bandung yang telah mendeklarasikan dirinya sebagai kota Ramah HAM. Sebelumnya, pada bulan Maret 2016, juga terjadi pelarangan kegiatan Monolog Tan Malaka dan penghentian Aksi Pantomim Wanggi Hoediyanto. Kemudian, pada bulan April 2016, sekelompok massa intoleran juga memprotes kehadiran Gereja Batak Karo Protestan (GBKP). Serangkaian kasus ini menunjukkan Kota Bandung belum siap disebut sebagai kota Ramah HAM. Seharusnya deklarasi ini diikuti dengan keseriusan menjalankan peraturan terkait pengakuan dan penegakan HAM seperti yang terdapat pada UUD 1945 Pasal 28E Ayat 1, Pasal 29 Ayat 2, UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM Pasal 22, dan UU Nomor 12 Tahun 2005 tentang Pengesahan Kovenan Internasional tentang Sipil dan Politik.

Berdasarkan hal ini, kami Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen di Indonesia (JKLPK) dengan ini menyatakan:

1.Mengecam keras kejadian pelarangan Ibadah Natal ini karena tidak sejalan dengan Konstitusi yang telah menjamin hak setiap warga negara untuk menjalankan ibadah menurut agama dan keyakinannya.

2.Meminta Negara untuk sungguh-sungguh menjamin kebebasan warga negara dalam menjalankan kegiatan keagamaan dan keyakinan karena telah dijamin oleh Konstitusi.

3.Meminta kepada Kepolisian Republik Indonesia menindak tegas pelaku intoleran sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu, meminta kepada pihak kepolisian untuk tidak tunduk pada tuntutan dan paksaan kelompok intoleran. Pihak kepolisian seharusnya melindungi tiap warga negara yang terancam ketika menjalankan ritual agama dan keyakinannya.

4.Meminta kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung untuk menjamin tidak akan terulang kembali praktek intoleran terhadap seluruh warga tanpa mengenal perbedaan agama dan keyakinan.

5.Indonesia adalah rumah bersama bagi semua kelompok agama, keyakinan, suku, ras, adat-istiadat. Kemajemukan Indonesia adalah sebuah keniscayaan dan anugerah dari Tuhan yang harus dipelihara. Karena itu, setiap usaha untuk memecah belah kemajemukan tidak bisa diterima.

6.Menghimbau kepada seluruh umat Kristen di tanah air untuk tidak terprovokasi dan tetap bersikap tenang.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat untuk menjadi perhatian bagi semua pihak.


Jakarta, 7 Desember 2016

Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen di Indonesia


Tertanda


Woro Wahyuningtyas
Direktur Eksekutif

dilihat : 609 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution