Senin, 16 Juli 2018 23:20:37 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 153
Total pengunjung : 406089
Hits hari ini : 1755
Total hits : 3701425
Pengunjung Online : 7
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Satlantas Polrestabes Surabaya Amankan Puluhan Motor Balap Liar






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Selasa, 28 Juni 2016 15:15:20
Satlantas Polrestabes Surabaya Amankan Puluhan Motor Balap Liar

Surabaya – Tidak bisa dipungkiri, balap liar masih menjadi salah satu kebiasaan para remaja di Kota Surabaya. Apalagi, di bulan puasa. Meski kucing-kucingan dengan polisi, gerombolan pembalap liar masih saja berlangsung di sejumlah titik kota.

Ajang adu cepat motor di jalanan ini pun selalu menarik perhatian warga. Kendati kehadiran mereka terus menuai protes, tak sedikit pula, sejumlah warga justru memilih menjadi penonton. Namun siapa sangka, diantara penonton itu, selama seminggu terakhir, terdapat Timsus [Tim Speed] Satlantas Polrestabes Surabaya yang memang sengaja menyamar.

Berbekal titik-titik balap liar dari hasil pemetaan yang dikantongi oleh Satlantas Polrestabes Surabaya serta dari adanya pengaduan masyarakat Surabaya selama ini, dua personil Timsus berpakaian preman, menyusup ditengah kerumunan penonton. Dua anggota ini menyusup antara pukul 24.00 hingga pukul 03.00 Wib. Bahkan, under cover ini juga dilakukan usai sahur hingga pukul 05.00 Wib. Ketika balapan liar digeber, kedua anggota ini kemudian menghubungi rekan-rekannya yang telah standby beberapa kilometer dari arena balap.

“Ketika dua anggota kami yang menyamar tadi sudah memastikan bahwa balapan liar sudah digeber, maka anggota timsus berseragam yang sudah siap, langsung memblokir akses jalan. Darisanalah, kami berhasil mengamankan para pembalap berikur motornya. Timsus ini sendiri berjumlah 13 personil, dan langsung dibawah kendali saya,” ujar Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Adewira Siregar, Senin 27 Juni 2016.

Titik-titik ruas jalan yang disasar Timsus dalam seminggu terakhir antara lain, Jalan Ir Soekarno (Merr), Jalan Dupak, Jalan Demak, Jalan Raya Gubeng serta Jalan Raya Kenjeran. Sedikitnya, dari 6 titik ruas jalan tersebut, Timsus ini berhasil menggaruk 43 motor para pembalap. “Yang pasti, motor-motor ini tidak standart, sedangkan pengendaranya, tidak membawa surat-surat kelengkapan kendaraan bermotor seperti STNK. Selain itu, mereka tidak memiliki SIM dan tidak menggunakan helm,” beber AKBP Adewira.

Untuk pengendara motor-motor tersebut, Adewira menyatakan rata-rata mereka masih pelajar. Mereka berumur antara 17 hingga 21 tahun. Mereka akan dipanggil saat sidang tilang digelar di Pengadilan Negeri [PN] Surabaya. Sedangkan untuk mengambil barang bukti motornya, mereka baru boleh membawa pulang dengan syarat-syarat tertentu. Diantaranya, surat kelengkapan kendaraan bermotor dan membawa perlengkapan motor untuk mengembalikan motor-motor protolan tersebut seperti semula [standart].

“Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka cipta kondisi [cipkon] menjelang Operasi Kepolisian Ramadaniya 2016. Selain itu, giat ini sebagai bentuk respon kami terhadap pengaduan masyarakat selama ini terkait balap liar. Apalagi beberapa bulan lalu, terjadi pemukulan terhadap pengguna jalan oleh kelompok pembalap liar di Unesa Lidah. Itu pula yang menjadi salah satu alasan operasi kami saat ini,” pungkas AKBP Adewira Siregar. asb/son/dln

dilihat : 247 kali


   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution