Minggu, 16 Desember 2018 09:05:59 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 102
Total pengunjung : 450929
Hits hari ini : 705
Total hits : 4153890
Pengunjung Online : 4
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Sidang Sinode XXVII GKJ dI Lembang Bandung






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Senin, 23 November 2015 07:53:19
Sidang Sinode XXVII GKJ dI Lembang Bandung

Bandung (GKJ.or.id) - Sidang Sinode XXVII GKJ Tahap II pada tanggal 16-20 November 2015 di Wisma Shalom, Cisarua-Lembang Bandung merupakan persidangan lanjutan dari Tahap I sebelumnya yang telah dilakukan pada 14-15 Oktober 2015 di Hotel Agrowisata, Salib Putih-Salatiga.

Pada Tahap II peserta sidang mendalami materi seksi-seksi, antara lain seksi: Keesaan dan Visitasi; Kesaksian Pelayanan; PWG dan Pengembangan Kepemimpinan; Penatalayanan; Tata Gereja dan Tata Laksana serta Peraturan-Pedoman. Tidak kalah penting seksi Tim Nominasi yang bertugas menyiapkan perubahan kepengurusan Sinode GKJ periode 2016-2019.

Sidang Sinode kali ini merupakan sidang yang keempat kalinya dilaksananakan dalam tahun 2015, setelah sebelumnya melaksanakan Sidang Sinode Istimewa di Prambanan dalam 2 tahap untuk membicarakan secara khusus hasil revisi Tata Gereja dan Tata Laksana GKJ, dilaksanakan pada bulan Februari dan Mei 2015.

Sidang dengan tema "Hidup Bersama dalam Keluarga Allah" dihadiri utusan dari 32 klasis yang mengirimkan utusan utama dan utusan pengganti, Pengurus Bapelsin dan Bawasin XXVI GKJ, tamu undangan dari Yayasan/Lembaga Sinode GKJ dan Yayasan/Lembaga kerjasama, Pimpinan Sekolah Tinggi Kristen, Pendeta Pelayanan Khusus, Tenaga Pelayanan Khusus, Sinode Gereja-gereja Mitra, Lembaga Oikoumenis dan wakil mahasiswa dari Sekolah-sekolah Tinggi Teologi dengan total peserta 267 orang.

Ibadah pembukaan dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB yang dipimpin oleh Pdt. Samuel Silo Samekto,S.Th dari GKJ Pondok Gede, dilanjutkan penyambutan oleh GKJ Bandung yang menyajikan kesenian Karawitan dan tarian Gambyong serta panembromo untuk menegaskan bahwa GKJ Bandung masih memahami budaya dan kultur Jawa. Setelah Lagu Wajib "Indonesia Raya" dan "Mars GKJ", Ketua Panitia Sidang Sinode XXVII GKJ menyampaikan sambutannya dimana pada Sidang tahap II ini Klasis Citanduy, Klasis Jakarta Bagian Timur, dan Klasis Jakarta Bagian Barat dipercaya selaku Klasis Penghimpun dan GKJ Bandung sebagai Gereja Pelaksana.

Dalam Sidang Sinode XXVII GKJ secara khusus dipersiapkan secara apik oleh gereja pelaksana GKJ Bandung bersama dengan panitia pelaksana, pada hari pertama acara dibuka oleh Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia Dr. Oditha R. Hutabarat dengan didampingi Bimas Kristen Propinsi Jawa Barat Ibu Surya Minda Sirait, SH. Di mana dalam sambutan beliau menekankan tentang betapa bernilainya memelihara kerukunan lintas Agama dan Iman yang dimulai dari keluarga inti, dimana sekarang cukup banyak kasus perpecahan dalam internal gereja sehingga di rasa kurang bisa menunjukkan ke seluruh lapisan bangsa Indonesia, tipisnya makna tentang arti kebersamaan keluarga Allah, dan diharapkan di Sinode GKJ XXVII tidak terjadi hal-hal semacam itu dengan dimulai dari kesehatian peserta sidang GKJ. Setelah sebelumnya Ketua Umum Sinode XXVII GKJ Dr. Andreas Untung Wiyono mengutarakan sambutan tentang arti tema dalam Sidang Sinode XXVII kali ini, bagaimana mengartikan keluarga Allah sebagai keluarga inti imaniah dalam menjalani kehidupan ini.

Pembukaan Sidang Sinode XXVII berjalan lancar dan tepat waktu. Sesuai daftar acara yang telah dibuat maka pada hari pertama dilakukan Sidang Pleno I dimana dilakukan penjelasan Jadwal Sidang oleh Moderamen: Pdt. Yahya Tirta Prewita,S.Th, M.PD. Ketua I, Pdt. Tanto Kristiono,S.Th, M.Min Ketua II, Pdt. Sundoyo,S.Si, MBA Sekretaris I, Pdt. Temy Setyowati,S.Si Sekretaris II dan Pdt. Bambang Pujiyanto,S.Si, M.Min Sekretaris III. Dilanjutkan dengan sambutan dari Gereja Sahabat yang turut diunadang dalam Sidang kali ini.

Sebagai tamu sidang, utusan dari Gereja Kristen Pasundan Bp. Dedy Kristian,SH, S.Sos selaku "tuan rumah" di propinsi Jawa Barat yang mayoritas masyarakat Sunda dan menyambut baik kehadiran Sidang Sinode XXVII GKJ yang saat ini di laksanakan di Wisma "Shalom" Lembang, Bandung. Begitupun dengan Mitra Luar Negeri yaitu dari Presbyterian Church of Korea/PCK yang sejak beberapa tahun yang lalu bermitra dengan GKJ mengutus 12 perwakilannya yang diketuai oleh Pdt. Lee Woo Chui Selaku Ketua Klasis Seoul-Seonam. Atas nama PCK Pdt. Lee menyampaikan ucapan terimakasih atas kemitraan yang telah terjalin selama 11 tahun dan akan melanjutkan kemitraan ini untuk tahun-tahun yang akan datang.

Secara umum sidang seksi hari pertama dan kedua berjalan cukup lancar dengan berbagai strategi yang memungkinkan biasanya adalah membuat sub seksi, ada juga dalam seksi tersebut beberapa telah menyiapkan artikel sebelumnya sesuai dengan materi yang telah dibagi pada sidang tahap I, namun ada juga yang harus yang membicarakan detail permasalahan karena materi cukup krusial baru dilakukan pembuatan artikel. Dari seksi TGTL yang cukup ketat karena terkait dengan peraturan dan pedoman, sebagai pertanggungjawaban moral bahkan harus dibaca kata perkata sehingga pada saat laporan di Pleno benar-benar sangat memahami. Tidak kalah rumit dari Tim Nominasi walaupun telah bekerja sejak Sidang tahap I sepertinya masih butuh banyak koordinasi, karena memang nominasi terkait dengan personalia pengurus GKJ pada tahun-tahun ke depan sampai dengan daur sidang yang akan datang.

Hari ketiga, beberapa seksi masih harus melanjutkan sidangnya diantaranya Kespel dan TGTL, walaupun beberapa diantaranya telah selesai dan tinggal melaporkan pada Sidang Pleno yang direncanakan akan dilakukan pada Rabu, 18 November 2015 pukul 15.00 WIB. Suasana sidang sangat cair, pembicaraan yang terjadi sangat intens dan komunikatif, pembicaraan-pembicaraan sangat hidup untuk menemukan bentuk yang sebaiknya dari kebersamaan di GKJ yang menggunakan system Presbiterial Sinodal. Betapapun sidang cukup menguras pikiran dan tenaga, namun secara umum peserta merasa gembira karena atmosfer demokratis sangat terasa dalam Sidang Sinode GKJ kali ini.

Suasana ini masih berlanjut hingga Sidang Pleno kedua yang dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB untuk menerima laporan-laporan dari sidang seksi. Dari Laporan dari seksi Keesan dan Kespel yang telah dilaksanakan pada awal pleno ke dua muncul banyak komunikasi dan tampak dari klasis-klasis sudah memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menangani permasalahan lokal sehingga tidak terlalu berlarut-larut menjadi permasalahan yang besar.

Pada Sidang Sinode XXVII GKJ kali ini memang terlihat banyak pendeta muda yang mulai aktif dan tentunya dengan gagasan yang lebih segar, namun tentu masih ada kebijakan-kebijakan dari pendeta sepuh yang telah cukup lama berkiprah. Begitupun saat-saat rehat cukup tampak guyonan-guyonan yang meriah dari pendeta-pendeta muda dengan ditimpali senyum pendeta sepuh saat bertemu teman-teman pada saat yang lalu. Memang pada saat-saat seperti inilah menjadi saat-saat menyenangkan bisa reuni dengan rekan-rekan dahulu di antara persidangan-persidangan yang sangat menguras pemikiran. Semoga Sidang Sinode XXVII GKJ tahap II yang saat diturunkan berita ini masih berlangsung dapat berjalan lancar dan menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang terbaik. Sementara itu panitia yang telah bekerja keras untuk menyiapkan segala sesuatu, kebutuhan-kebutuhan persidangan, menyiapkan transportasi setiap saat karena banyak peserta yang kurang paham medan, menyiapkan keperluan istirahat mengaturnya sedemikian rupa walau tempat cukup terbatas untuk sekian banyak peserta namun malah dapat merekatkan kebersamaan semua peserta sidang, termasuk menghibur peserta sidang saat rehat agar tetap bugar dengan lagu-lagu pujian, calung, dll dapat melayani peserta hingga sidang selesai.

Sumber: http://www.gkj.or.id/?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=1202

dilihat : 687 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution