Sabtu, 15 Desember 2018 18:18:46 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 182
Total pengunjung : 450785
Hits hari ini : 1252
Total hits : 4152690
Pengunjung Online : 4
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Kemen Koperasi dan UKM Dukung Kemandirian Energi






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Rabu, 04 Februari 2015 13:01:18
Kemen Koperasi dan UKM Dukung Kemandirian Energi

Jakarta,pl.net - Kebutuhan akan energi merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk meningkatkan daya saing suatu wilayah termasuk potensi sumber daya alam yang ada. Hal ini terbukti dengan keterbatasan akses energi menjadikan suatu kawasan/wilayah menjadi "terbatas" baik dari segi ekonomi maupun sosial.

Untuk itulah, Kementerian Koperasi dan UKM mengembangkan usaha koperasi di bidang energi baru terbarukan yakni pembangkit listrik tenaga mikro hidro /PLTMH memberikan bantuan kepada koperasi berupa pembangunan infrastruktur PLTMH yang dikelola koperasi untuk menggerakkan perekonomian masyarakat setempat.

Hal itu dikatakan Deputi Menteri Bidang Produksi, Wayan Dipta, di Jakarta, Selasa 3 Februari 2015.

Wayan mengatakan, dalam rangka membangun sense of belonging , pembangunan infrastruktur PLTMH tersebut melibatkan masyarakat setempat serta sharing pembiayaan dari pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan anggaran pembangunan serta bantuan sarana/teknologi produksi. "Mengapa koperasi ? Karena dengan dimiliki dan dikelola oleh koperasi, berarti potensi lokal telah dimanfaatkan oleh anggota dan masyarakat sekitar dan hasilnya juga akan dinikmati untuk meningkatkan kesejahteraan anggota masyarat tersebut," kata dia.

Menurut Wayan, kesuksesan Kementerian Koperasi dan UKM dalam mengembangkan perekonomian pedesaan menjadi lebih berdaya melalui akses energi menjadi referensi global yang berkaitan dengan pengembangan listrik pedesaan berbasis energi terbarukan khususnya PLTMH. "Hal ini terbukti bahwa konsep pengembangan yang dilakukan Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM yang menjadi bahan diskusi paling hangat pada saat Delegasi Nigeria studi banding ke Kementerian KUKM, beberapa waktu lalu," kata dia.

Wayan menjelaskan, energi terbarukan yang dikelola koperasi mampu menggerakkan perekonomian suatu desa, karena dengan adanya energi tersebut, nilai tambah komoditas lokal meningkat. Melalui koperasi, pemeliharaan PLTMH dan lingkungan dapat dikelola lebih baik. Salah satu contohnya di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur, sebelum dibangun PLTMH kopi hutan hanya dijual sebagai komoditas, dengan adanya PLTMH kopi tersebut dapat diolah dan ditingkatkan nilai tambahnya.

Menurut Wayan, Institut Indonesia untuk Ekonomi Energi menjadi organisasi mitra kunjungan dari Delegasi Nigeria - NESP /Nigerian Energy Support Program yang mengadakan kunjungan kerja ke Indonesia tanggal 23 Januari - 1 Februari 2015. Maksud kunjungan delegasi Nigeria yang terdiri dari 20 orang pejabat pemerintah Nigeria dan perwakilan GIZ ini adalah untuk berdiskusi dengan pejabat pemerintah di Indonesia terkait upaya dan program pelistrikan desa di Indonesia.

Nigerian Energy Support Programme adalah program yang didanai European Union /EU dan German Federal Ministry for Economic Cooperation and Development /BMZ dalam rangka meningkatkan akses listrik di Nigeria. Program ini terdiri dari empat unit yaitu reformasi kebijakan, efisiensi energi, listrik pedesaan dan akses energi berkelanjutan, serta pengembangan kapasitas dan training. Program ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi untuk implementasi dan investasi di bidang energy terbarukan, listrik pedesaan dan efisiensi energy. Sp/mwp

dilihat : 504 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution