Selasa, 17 Juli 2018 04:59:04 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 173
Total pengunjung : 406109
Hits hari ini : 2245
Total hits : 3701915
Pengunjung Online : 4
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Peringatan Hari Pahlawan Di Universitas Kristen Petra






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Selasa, 11 November 2014 07:55:19
Peringatan Hari Pahlawan Di Universitas Kristen Petra

Surabaya,pl.net - 10 November 1945 merupakan salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia. Kota Surabaya menjadi saksi bisu aksi perjuangan para tentara Indonesia melawan penjajahan pasukan Belanda.

Tak jarang para kaum muda sudah mulai melupakan peristiwa bersejarah ini maka dari itu Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra merancang Aplikasi Pertempuran 10 November 1945 Surabaya Berbasis Android.

Dibawah bimbingan Andreas Handojo, S.T., M.MT dan Resmana Lim., M. Eng karya yang dikerjakan para mahasiswa selama kurang lebih dua bulan ini merupakan proyek mata kuliah Manajemen Proyek Teknologi Informasi.

Mengapa Andriod? “Sengaja kami menggunakan aplikasi Android sebab di pasaran Indonesia saat ini pangsa pasar Android mulai membesar. Selain itu dengan tugas ini kami ingin mengedukasi para kaum muda mengenai sejarah kepahlawanan. Anak muda kan biasanya sangat suka gadget jadi dengan adanya aplikasi ini sebagai proses belajar sekaligus bermain, jadi media pembelajarannya saja yang kami rubah”, urai Andreas.

Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, hanya tinggal download di handphone Android maka dapat langsung di gunakan. Ketika sudah berhasil download, dalam aplikasi ini pengguna akan disapa dengan gambar “Bung Tomo” sebagai salah satu pemimpin revolusioner Indonesia yang paling di hormati sehingga memori kita seolah – olah kembali ke masa lalu yang bernuansa perjuangan.

Dalam aplikasi ini terdapat enam menu pilihan yang menarik yaitu History, Gallery, Audio, Video, Games dan Historical Maps. Pada menu History ini para pengguna dapat memilih, membaca dan memainkan game yang tersedia. Dalam menu ini akan di putar cerita pertempuran yang di bagi ke dalam tiap bagian dan para pengguna di paksa untuk membaca suatu bagian sampai habis baru bagian yang lain terbuka agar pengguna berminat membaca sejarah pertempuran secara keseluruhan.

Di menu Gallery, para pengguna dapat melihat image atau gambar pertempuran 10 November 1945. Sedangkan untuk menu audio dan video terdapat daftar audio seklaigus video sejarah kepahlawanan. Para pengguna juga dapat menikmati berbagai games yang berhubungan dengan perjuangan 10 November 1945 mulai dari Hidden Object, Sliding Puzzle, Quiz, Single Shot hingga drag puzzle. Tak kalah lengkapnya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas melihat peta lokasi bersejarah yang memanfaatkan fasilitas Google Map dan GPS.

Selain itu dihari yang sama sekelompok mahasiswa yang dimotori Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menggalang aksi 1 juta tanda tangan diatas kain putih untuk Kebun Binatang Surabaya (aksi untuk mempercepat proses hukum kasus penjarahan satwa KBS) dimana hasil tanda tangan tersebut diserahkan kepada panitia Hari Pahlawan Kota Surabaya. - MWP

dilihat : 318 kali


   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution