Jum'at, 17 Agustus 2018 20:54:59 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 116
Total pengunjung : 414102
Hits hari ini : 2234
Total hits : 3795068
Pengunjung Online : 3
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Telkom dan BTN Siap Kembangkan Layanan Perbankan Terpadu






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Jum'at, 03 Oktober 2014 22:44:00
Telkom dan BTN Siap Kembangkan Layanan Perbankan Terpadu

Jakarta,pl.net - PT Telekomunikasi Indonesia.Tbk (Telkom) dan PT. Bank Tabungan Negara (BTN) melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Layanan Perbankan Terpadu untuk Komunitas Penjualan Pulsa. Penandatangan Nota Kesepakatan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Telkom Arief Yahya bersama Direktur Utama BTN Maryono di Kantor Pusat PT Bank Tabungan Negara Jalan Gajah Mada No. 1, Jakarta, Kamis (2/10).

Sesuai dengan Nota Kesepakatan yang ditandatangani, BTN dan Telkom sepakat untuk merealisasikan kerjasama tersebut dalam bentuk layanan agent banking dengan outlet Telesindo, Cash management dengan Virtual account, dan EDC.

Layanan Perbankan Terpadu yang dikembangkan ini merupakan suatu strategi perluasan saluran distribusi dimana layanan dan jasa keuangan tidak lagi bergantung kepada cabang bank konvensional namun dengan menggunakan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) dan agen atau outlet non perbankan untuk proses transaksi jasa perbankan.

“Sinergi BTN dan Telkom merupakan salah satu bentuk Sinergi BUMN yang strategis untuk kepentingan Nasional dan mendukung kebijakan pemerintah dalam Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) sebagai implementasi Financial Inclusion,” ujar Arief Yahya. Sinergi BTN dengan Telkom dalam hal ini melalui PT. Finnet Indonesia (Finnet) yang merupakan anak perusahaan Telkom yang bergerak dalam solusi pembayaran elektronika.

Menurut Arief Yahya, salah satu potensi pasar yang dapat disasar dari implementasi Layanan Perbankan Terpadu BTN saat ini, adalah Komunitas Penjualan Pulsa dimana saat ini masih banyak menggunakan transaksi dengan “Cash basis”.

Finnet membangun solusi dari transaksi yang dilakukan secara tunai menjadi non tunai dengan memanfaatkan teknologi terkini yaitu fitur rekening genggam (e-money) dalam aktivitas bisnis para nasabah. Layanan perbankan terpadu tersebut akan diimplementasikan untuk mendukung bisnis komunitas penjualan pulsa yang dikelola oleh Telesindo, antara lain: Remittance, Payments, Funding & Lending, Payment Gateway, Cross Selling, Mobile Financial Services.

BTN tidak hanya memberikan layanan untuk transaksi keuangan sehari-hari kepada komunitas ini, tetapi lebih jauh lagi akan berperan dalam pemberdayaan usaha mikro dengan pemberian kredit mikro untuk mengembangkan bisnis mereka. Saat ini pilot project layanan perbankan terpadu BTN dilaksanakan di kota Jabotabek, Tanggerang Selatan dan Pandeglang, seiring dengan pelaksanaan training untuk outlet dan masyarakat sekitar wilayah pilot project.

Selain itu, dengan lisensi debit acquirer dari Bank Indonesia yg dimiliki oleh Finnet maka Finnet bekerjasama dengan BTN untuk memberikan layanan pembayaran melalui EDC (Electronic Data Capture) di Merchant-nya BTN menggunakan Kartu Debit BTN. – (rls/MWP)

dilihat : 350 kali


   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution