Kamis, 19 Juli 2018 18:46:26 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 189
Total pengunjung : 406877
Hits hari ini : 1018
Total hits : 3709226
Pengunjung Online : 3
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Evaluasi atas penegakan HAM di Indonesia Memperingati Hari HAM Sedunia






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Rabu, 11 Desember 2013 15:31:57
Evaluasi atas penegakan HAM di Indonesia Memperingati Hari HAM Sedunia
”KEGAGALAN PEMERINTAH DALAM MENSJAHTERAKAN RAKYAT ADALAH BAGIAN DARI PELANGGARAN TERHADAP HAK ASASI MANUSIA”
Evaluasi atas penegakan HAM di Indonesia
Memperingati Hari HAM Sedunia
Oleh : Richardus Nino Kaza
(Ketua Presidium PMKRI CABANG SURABAYA St. Lucas periode 2012/2013)

Dalam rangka memperingati hari HAK ASASI MANUSIA sedunia PMKRI CABANG SURABAYA St. Lucas periode 2012/2013 dalam momerandum kemasyarakatan (rekomendasi komisi Gerakan Kemasyarakatan MPA Surabaya 2013) mendorong penegakan kembali kedaulatan rakyat atas kekayaan alam yang dikusai oleh Negara yang termaktum dalam UUD 1945 Pasal 33.

Dalam momentum kali ini (Hari HAM sedunia) tidaklah dipandang sebagai sebuah momentum yang disikapi secara Sporadis atau sekedar Euforia momentual semata, namun penting untuk melakukan evaluasi bersama atas capaian-capain atau kemunduran-kemunduran dalam penegakan kembali kadaulatan konstitusi Negara yang memuat Hak-hak rakyat atas kemerdekaan setiap manusia baik individu maupun kelompok atau golongan. Tidak lebih dari itu perjuangan terhadap Hak-Hak masyarakat tidak sebatas kasus-kasus kekerasan atau yang berkaitan dengan pembunuhan, penghilangan orang yang merupakan akibat dari sebuah sebab, namun penting saat ini untuk melihat lebih jauh dan mendalam dasar terjadinya kejahatan kemanusiaan ini.

Hak-hak rakyat atas Tanah, Pendidikan, Kesehatan, Berserikat dan berkumpul, menyampaikan pendapat dan yang terpenting adalah kesejahtEraan hidup yang menjadi tangung jawab Negara.
Perjuangan-perjuangan atas penegakan terhadap HAM tidakla juga hanya sebatas seruan moral atau perlawanan sporadis dan sepontan karena sebuah momentum, namun mengangkat kembali kedaulatan rakyat atas kesejahtraan hidup menjadi penting dalam mengatasi berbagai macam persolan pelanggran HAM. Hampir semua persolan – persoaln HAM terindikasi atau berkaitan erat dengan persoalan Ekonomi Bangsa saat ini.

Begitu banyak persoalan-persoalan yang di alami oleh rakyat Indonesia dari berbagai macam sector, mulai dari “perampasan” tanah oleh Pemodal di berbagai daerah di tanah air ini yang berakibat pada konflik social baik horizontal maupun vertical. Dapat kita simak hampir semua persolan yang berkaitan dengan pertanian akhir-akhir ini menjadi ramai di perbincangkan. Nasib petani yang kehilangan tanahnya akibat keberpihakan Negara yang tidak berada pada posisi kaum tani dan masi banyak lagi persolan – persolan yang di alami oleh rakyat Indonesia misalnya anak-anak Indonesia putus sekolah akibat biaya pendidikan yang mahal dan hak atas kesehatan yang menjadi mahal akibat kebijakan pemerintah yang menaikan biaya Ruma sakit juga hak atas kedaulatan pangan.

Hari HAM kali ini menjadi momentum terpenting dalam sebuah kerangka berpikir yang lebih sistematis yang mengarah pada persoalan kesejahtraan bagi masyarakat Indonesia. Momentum ini pula bagi PMKRI CABANG SURABAYA St. Lucas periode 2012/2013 adalah sebuah persolan yang tidak hanya di pandang sebagai sebuah seruan moral semata namun menjadi bagian terpenting bagi masyarakat Indonesia dalam menentukan pilihan politiknya pada pemilu 2014 mendatang dengan memilih pemimpin yang berpihak pada kepentingan rakyat Indonesia, pemimpin yang siap menegakan kembali kedaulatan atas hak-hak rakyat. Pemimpin Negarawan yang berpihak pada kepentingan Hajat Hidup Rakyat Indonesia.

Salam perjuangan “ pro ecclesia et patria”

Surabaya, 10 Desember 2013

dilihat : 365 kali


   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution