Minggu, 22 Juli 2018 04:11:26 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 157
Total pengunjung : 407383
Hits hari ini : 2395
Total hits : 3715334
Pengunjung Online : 6
Situs Berita Kristen PLewi.Net -111 Tahun Yayasan Bala Keselematan, Jejak Langkah Kepedulian Pada Kaum Miskin






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Selasa, 08 November 2005 00:00:00
111 Tahun Yayasan Bala Keselematan, Jejak Langkah Kepedulian Pada Kaum Miskin
SURABAYA- Fenomena sok jadi pahlawan ditengah krisis ekononi yang sedang kita alami sekarang jamak kita temukan. Tetapi tidak untuk Yayasan Bala Keselamatan di Indonesia. Pengalaman Bala Keselamatan yang telah ratusan tahun dapat dijadikan jaminan mutu atas totalitas Bala Keselematan dalam melayani kaum miskin.



Lembaga yang didirikan Willian Booth pertengahan tahun 1800-an ini berawal dari kota London Inggris. Ia mengajak warga Inggris untuk peduli pada kaum miskin yang jumlahnya amat luar biasa pada waktu itu.



Masa kecil William Booth yang lahir di keluarga miskin di kota Nottingham, Inggris memberikan kontribusi besar atas pendirian lembaga yang di Inggris dikenal dengan nama The Salvation Army ini. Masa kecilnya yang penuh dengan pengalaman menyedihkan akan kehidupan kaum miskin. Booth lahir dan bertumbuh ditengah-tengah kaum miskin.



Ketika ia mulai dewasa dan memilih menjadi seorang pendeta, rasa kemanusiaannya yang membuat ia mengajak umat Kristen Inggris untuk tidak membiarkan orang-orang terlantar hidup begitu saja. Ia mengajak umatnya untuk merawat dan memperhatikan mereka. Ketika di jamannya ada banyak orang yang mabuk akibat depresi, ia mengajak mereka untuk masuk dan ikut pelayanan yang ada di gereja.



Keseriusan dan keteguhannya untuk melayani kaum miskin ternyata tidak terbendung. Rasa kepeduliannya yang amat besar membuat lembaga The Salvation Army berkembang keluar Inggris dan pergi untuk melayani orang yang miskin yang ada diseluruh muka bumi.



Berkat pengasihan Tuhan, pada tanggal 24 November 1894, Organisasi Bala Keselematan sampai ke Indonesia (Hindia Belanda dulu, Red). Pada bulan Agustus 1902 Yayasan Bala Keselamatan memulai pelayanannya di wilayah Pegunungan Sapuran, Wonosobo, jawa Tengah. Entah karena apa, yayasan yang didirikan oleh Brower (seorang Belanda) ini kurang berkembang. Akhirnya mereka memutuskan untuk pindah ke Semarang.



Setibanya di Semarang mereka dengan cepat berkembang. Hal itu disebabkan pada saat yang bersamaan, kota Semarang tengah dilanda banjir besar yang mengakibatkan kelaparan yang meluas. Pada waktu itu penyakit mata merebak, membuat seorang anggota Bala Keselamatan, dr Wille berinisiatif untuk mendirikan rumah sakit mata, yang mana hingga kini rumah sakit itu masih tetap berdiri dan berganti nama menjadi RSU.William Booth Semarang.



Setelah bekerja beberapa lama, Yayasan Bala Keselamatan Indonesia memindahkan kantor Pusatnya ke Kota Bandung. Pemerintah Indonesia meminta Bala Keselamatan mengelola perumahan militer yang ada pada waktu itu di Kota Bandung.



Dari Kota Bandung inilah Yayasan Bala Keselamatan berkembang ke seluruh Indonesia. Usaha utama Bala Keselamatan adalah mendirikan rumah bagi orang-orang yang tidak mampu, membuka panti asuhan, perumahan ibu dan anak, rumah sakit, perkampungan orang-orang yang menderita kusta,gereja dan lain sebagainya.



Peringatan Ultah Bala Keselamatan



Untuk memperingati sejarah panjang pelayanan Bala Keselamatan di Indonesia, organ Bala Keselamatan yang ada di Kota Surabaya berencana mengadakan perayaan HUT Bala Keselamatan yang ke 111 Tahun yang dikemas dalam bentuk pengucapan syukur.



Kegiatan yang direncanakan pada tanggal 24 November yang akan datang itu bertempat di Gereja Bala Keselamatan Korps II yang terletak di Jl. Kalianyar No.47 Surabaya. Diharapkan seluruh keluarga besar Bala Keselamatan dan simpatisan hadir dalam perayaan yang ditujukan untuk melakukan refleksi dan mendorong warga Bala Keselamatan melakukan pelayanan yang lebih baik lagi bagi orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Sebuah misi yang telah dimulai William Booth agar kita tetap senantiasa mengasihi sesama. (raf)

dilihat : 421 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution