Jum'at, 14 Desember 2018 22:42:28 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Pendakian Kerinci
Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh GMKI dari ketinggian 3805 mdpl di atap Sumatera



Pengunjung hari ini : 253
Total pengunjung : 450519
Hits hari ini : 1958
Total hits : 4150691
Pengunjung Online : 4
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Gereja Katolik Santo Yakobus Sungai Temborang Diresmikan






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Rabu, 31 Juli 2013 18:50:50
Gereja Katolik Santo Yakobus Sungai Temborang Diresmikan
Pontianak - Minggu, 28 Juli 2013 pukul 09.00-12.00, sekitar 700 umat Katolik di Sungai Temborang dan Desa Sekucing Labai memenuhi areal Gereja Katolik Santo Yakobus Sungai Temborang. Mereka menghadiri misa kudus sekaligus peresmian gereja yang terletak di perbatasan Kabupaten Ketapang dan Sanggau di Paroki Balai Berkuak tersebut.

Diawali dengan misa kudus yang dipimpin Uskup Ketapang Mgr Pius Riana Prapti Pr didampingi Pastor Kamilus Kukuh Pr dan Pastor Bangun Wahyu Nugroho Pr. Misa diiringi koor dari afdeling IV KHB PT Aditya Agroindo. Hadir juga Wakil Ketua DPRD Kalbar Nicodemus R Toun, Anggota DPRD Kalbar Mijino, perwakilan Pemkab Ketapang Jahilin, Pimpinan PT Aditya Agroindo, Muspika Simpang Hulu, dan Kepala Desa Sekucing Labai.

Selain itu juga dilaksanakan pembaptisan terhadap 200 umat Katolik di Stasi Santo Yakobus. Sebagian dari mereka merupakan karyawan PT Aditya Agroindo. Selesai misa pemberkatan dilanjutkan dengan peresmian penggunaan bangunan gedung gereja oleh Uskup Mgr Pius Riana Prapti Pr. Ketua Pembangunan Gereja Santo Yakobus Sungai Temborang, Sugondo mengungkapkan, perkembangan Agama Katolik di Temborang ini berawal dari awal tahun 1995 dengan jumlah yang sangat sedikit. Sebelum bisa membangun gereja, umat melakukan ibadat Minggu di rumah-rumah penduduk secara bergantian.Dalam perjalanan waktu masyarakat akhirnya secara swadaya membangun kapel sederhana berukuran 6 X 12 meter.

Pondasi dan bahan bangunan sangat sederhana maka pada 2011 kondisi bangunan sudah rusak parah atap bocor dan lantai sudah banyak yang patah. Pada Februari 2011, bangunan tersebut dibongkar. Umat beribadah sementara setiap minggu di rumah adat, kata Sugondo Panitia mengajukan proposal pembiayaan gedung gereja ke pihak PT Aditya Agro Indo pada 1 Juli 2011. Mendapat jawaban setelah dilakukan dua kali pertemuan maka pada 7 Maret 2012 diadakan misa penancapan tiang pertama dipimpin oleh Pastor Kukuh Pr. Setelah selesai dibangun pada 28 Juli 2013 diberkat dan diresmikan pemakainnya.

Total biaya pembangunan Gereja Santo Yakobus ini sebesar Rp316.950.000. Swadaya umat Sungai temborang Rp31.120.000, sisanya sumbangan PT Adiya Agroindo, dan sejumlah donatur lainnya.
Perwakilan Manajemen Agri Falma, Arjuna Elmiaco menjelaskan bahwa PT Aditya Agroindo, pemberian sumbangan dana 80 persen dari total anggaran pembangunan Gereja Santo Yakobus untuk masyarakat Sungai Temborang adalah salah satu realisasi program corporate social responsibility (CSR).

Sudah banyak bantuan yang telah diberikan seperti bantuan Gereja Katolik Edot, Kesiau, Baning, Bagan Kapas, Bagan Buluh, Seke, Gereja Firman Allah (Protestan ) Meraban, Gedung Paroki Meraban, Mesjid Balai Berkuak, Gua Maria Tempurau dan jalan-jalan desa di sekitar kebun perusahaan, air bersih, sarana pendidikan lainnya, katanya.(DAP)

sumber:
http://www.pontianakpost.com/pro-kalbar/ketapang/6651-gereja-katolik-santo-yakobus-sungai-temborang-diresmikan.html

dilihat : 272 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution