Sabtu, 21 Juli 2018 05:08:56 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  
--Ingin kegiatan anda kami liput? silahkan hubungi kami di 082139840290, twitter @pustakalewi atau email ke redaksi @pustakalewi.net. Kami siap melayani!

Catatan Ringan

Nasakom dan Masyarakat Jejaring
Prolog revolusi Bung Karno, membangun infrastruktur kemerdekaan bangsa Indonesia, demi terciptanya kehidupan yang bermartabat



Pengunjung hari ini : 259
Total pengunjung : 407218
Hits hari ini : 2308
Total hits : 3712708
Pengunjung Online : 3
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Aksesori Natal Labanya Manis






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Kamis, 29 November 2012 20:29:48
Aksesori Natal Labanya Manis
SURABAYA (Surabaya Post) - vHari Raya Natal merupakan momen spesial bagi mereka yang merayakannya. Berbagai persiapan pun dilakukan guna merayakan Natal, dari menghias rumah, membuat kue, hingga berburu pernak-pernik Natal. Walhasil pebisnis aksesori Natal pun banjir pembeli.

Para produsen pernak-pernik Natal pun berlomba-lomba memanfaatkan momen ini untuk mendulang omzetnya. Salah satunya adalah Siska yang berdomisili di Perumahan Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat.
Siska mengaku, permintaan pernak-pernik Natal sudah mulai meningkat sejak akhir Oktober lalu. "Biasanya tren ini berakhir sampai Januari nanti," ujarnya.

Selama rentang waktu tersebut, Siska bisa meraup omzet sebesar Rp 70 juta per bulan. Dengan dibantu tujuh karyawan, ia memproduksi aneka pernak-pernik Natal. Di antaranya, boneka santa klaus, kostum santa klaus, tas Natal, bantal Natal, hiasan pohon Natal, hiasan pintu, hingga hiasan interior di dalam rumah atau gedung.

Harga jual pernak-pernik Natal itu bervariasi. Tas natal, misalnya, dibanderol seharga Rp 15.000-Rp 40.000 per piece. Sementara paling mahal kostum santa klaus dewasa yang dibanderol seharga Rp 750.000 per piece.

Siska bilang, tas natal termasuk pernak-pernik yang paling banyak peminatnya. "Dalam sehari, saya bisa menerima pesanan minimal 50 pieces tas," ujar Siska yang terjun ke usaha ini sejak tahun 2006 lalu.
Selama ini, Siska banyak memasarkan pernak-pernik Natal secara online di www. sahabatsouvenir.com. Ia bilang, konsumennya tidak terbatas di Jakarta dan Pulau Jawa saja. Tapi juga sampai di Papua.

Selain Natal, Siska juga memproduksi pernak-pernik Valentine dan Idul Fitri. "Setelah Natal berlalu, mulai Januari, saya memproduksi pernak-pernik Valentine," katanya.

Sukses berjualan pernak-pernik Natal juga dirasakan Doddy Hendrata, pemilik usaha Doddy Floris Decoration di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sehari-harinya, ia lebih banyak menjual bunga-bunga artifisial atau artificial flower di toko miliknya.

Nah, menjelang Natal, Doddy memanfaatkan momen ini untuk memproduksi pernak-pernik Natal. "Saya sudah melakoni usaha ini sejak tiga tahun silam," katanya.

Doddy bilang, permintaan pernak-pernik natal tahun ini bakal lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Sepanjang musim Natal tahun lalu, ia mendulang omzet sebesar Rp 60 juta dari penjualan pernak-pernik natal.
Tapi, menjelang akhir November tahun ini saja, ia sudah meraup omzet sebesar Rp 40 juta. "Sampai saat perayaan Natal, saya menargetkan bisa meraup omzet sebesar Rp 80 juta hingga Rp 100 juta," katanya.

Doddy menjual aneka dekorasi Natal, seperti pohon natal dengan ketinggian mulai dari 90 centimeter (cm) sampai ketinggian 3,6 meter. Pohon natal ini dihargai mulai Rp 200.000 hingga Rp 9 juta per pohon.
Pelanggannya datang dari kalangan pengelola mal, hotel, restoran, perkantoran, gereja, dan umat kristiani. Selain pohon natal, Doddy juga menjual aneka pernak-pernik lain, seperti topi sinterklas, lampu-lampu natal, kaos kaki natal, dan tas-tas natal.ktn

Tukang Dekor Pun Banjir Order
Akhir tahun juga menjadi masa yang ditunggu oleh pengusaha dekorasi ruang. Banyak pengelola mal, apartemen, hotel dan gedung perkantoran mempercantik lobi dengan pernak-pernik Natal.
Salah satu penyedia jasa dekorasi itu adalah Aryati. Bagai sebuah ritual, pemilik Bu Wiryo Handicraft di Yogyakarta ini selalu sibuk membuat hiasan pohon Natal menjelang akhir tahun. Ia menggunakan akar wangi, supaya produknya terlihat unik.

Menurut Aryati, selama sepuluh tahun terakhir, ia rutin memenuhi pesanan pelanggannya yang berasal dari berbagai kota. "Kami biasanya mendapat order pohon natal mulai ukuran 50 cm hingga empat meter," tandasnya. Pohon Natal dari akar wangi banyak diminati, pohon jenis ini gampang disesuaikan dengan tema dan konsep dekorasi para pelanggannya. "Kami menyediakan berbagai variasi warna serta ornamen tambahan lainnya," ujar Aryati.

Selain itu, pohon Natal akar wangi ini awet, karena bisa bertahan hingga empat tahun. Asalkan, disimpan di tempat yang teduh dan tak terkena sinar matahari langsung. "Kelebihan lain, aroma pohon natal ini wangi," imbuh Aryati.

Harga pohon Natal dari akar wangi berkisar antara Rp 75.000 untuk ukuran 50cm, Rp 250.000 untuk ukuran satu meter hingga Rp 5 juta untuk pohon setinggi empat meter. Dari usaha pembuatan pohon dan pernak-pernik Natal ini, Aryati sudah meraup omzet lebih dari Rp 35 juta.

Menurut Aryati, perolehan omzet ini menurun dibandingkan dengan tahun lalu. Ia melihat, pesanan masih tersendat meski sudah memasuki Desember. "Padahal, biasanya, permintaan sudah ramai pada pertengahan November," ucapnya.

Kondisi berbeda justru dialami Johanes, pemilik Jocelyn Florist di Jakarta. Permintaan pohon Natal buatannya melonjak tahun ini. "Pada bulan November tahun lalu, kami mendapat Rp 80 juta," ujarnya.

Sejak mulai menggarap bisnis tanaman plastik pada 2008 silam, omzet Johanes selalu melesat jika mendekati momen Natal. Sekadar gambaran, jika pada bulan biasa, ia hanya bisa meraup omzet Rp 40 juta, mendekati Natal pendapatannya melonjak dua kali lipat. "Pada November ini saja, kami berhasil mendapatkan Rp 100 juta," ujarnya. .

Johanes membuat pohon Natal dari bahan plastik. Ia membentuk pohon pinus itu dengan dedaunan berbentuk jarum. Selama ini, pohon Natal yang bahannya masih diimpor itu, sangat diminati, baik oleh individu maupun perusahaan. Bahkan, tahun ini banyak pula yang ingin menyewa pohon natal plastik.
Johanes pun segera menyambar peluang ini. Selain memproduksi, kini ia berencana menyewakan pohon natal buatannya.

Di gerai Jocelyn Florist, Johanes menyediakan pohon natal mulai dari ukuran 60 cm hingga sembilan meter. Harganya mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 100 juta.

Hiasi Ruangan
Selain menjual pernak-pernik natal, banyak pula produsen yang menawarkan jasa dekorasi ruang untuk memeriahkan Natal. Menurut Yohanes Pembabtis Ramlan dari Hawila Organizer, biasanya permintaan jasa dekorasi ini datang dari pengelola pusat belanja, pengelola apartemen dan hotel hingga pengelola gedung perkantoran.

Supaya bisa memuaskan klien, Hawila Organizer pun selalu membatasi permintaan dekorasi. "Paling banyak 10 order," ujar Ramlan.

Pasalnya, dalam setiap order ini, ia harus berpikir dengan baik soal tema, konsep dan ide kreatif. Tentu saja, para pengelola gedung ini tak ingin dekorasi ruangannya terlihat sama dengan gedung lainnya.

Harga yang dibanderol untuk setiap dekorasi bervariasi, tergantung tingkat kesulitan tema serta konsep dekorasi. Menurut Ramlan, untuk sebuah dekorasi minimalis di sebuah lobi apartemen atau diler mobil, setidaknya membutuhkan dana dari Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

Adapun untuk sebuah pusat perbelanjaan, harga dekorasi bisa mencapai Rp 30 juta sampai Rp 60 juta. "Semua sangat tergantung dengan keinginan klien," tandasnya.

Asumsi saja, jika dalam satu kesempatan Hawila mampu mengerjakan 10 buah dekorasi dengan biaya antara Rp 5 juga sampai Rp 30 juta, maka dalam satu momen tersebut omzet yang didulang mencapai Rp 175 juta.

Untuk menghias, pusat belanja dan hotel, misalnya, Ramlan tak segan untuk menggunakan pohon natal dengan tinggi sembilan meter. Banyak mal atau hotel yang merogoh koceknya dalam-dalam, untuk mempercantik ruangannya dengan ornamen-ornamen berbau natal. "Pohon natal bisa menambah kekhidmatan perayaan natal," ujarnya.

Sementara itu, Aryati bilang, konsumen mal dan hotel memang cukup potensial. Ia sering melayani pesanan dari hotel dan mal yang biasanya memesan pohon natal akar-wangi berukuran raksasa.

Sayang, persaingan untuk merebut pelanggan-pelanggan pohon natal raksasa ini juga makin ketat. Untuk mempertahankan pelanggan, Aryati pun terus menambah desain baru setiap tahun.

Ia juga meningkat kualitas pohon natalnya, supaya tetap dilirik oleh pelanggannya. Apalagi, jika pohon natalnya dipasang di tempat-tempat umum, yang bisa dilihat banyak orang, Aryati sekaligus bisa berpromosi.

Sumber: http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=b741a3e15ae217d692b1206047788d15&jenis=d645920e395fedad7bbbed0eca3fe2e0

dilihat : 412 kali


Berita Terkait
   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution